Ayo berinvestasi di Pariaman, Pemkot buka peluang pengembangan-pengelolaan kawasan wisata

id berita pariaman,berita sumbar,investor

Ayo berinvestasi di Pariaman, Pemkot buka peluang pengembangan-pengelolaan kawasan wisata

Dua wisatawan sedang duduk di lettermark Pantai Kata, Pariaman, Sumbar. (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Sekarang ada investor yang ingin mengembangkan kawasan  Pantai Kata  dengan konsep 'Camping Ground' (bumi perkemahan) dengan luas kurang dari satu hektare,
Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat membuka peluang bagi investor untuk berinvestasi dalam pengembangan dan pengelolaan kawasan wisata pantai di daerah itu.

"Sekarang ada investor yang ingin mengembangkan kawasan Pantai Kata dengan konsep 'Camping Ground' (bumi perkemahan) dengan luas kurang dari satu hektare," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pariaman, Noviardi di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan karena konsepnya perkemahan maka dalam pengembangannya tidak dilakukan penebangan pohon atau kegiatan lainnya yang dapat merusak alam di kawasan itu.

Menurutnya hal tersebut sesuai dengan keinginan pemerintah setempat serta menjadi alternatif untuk menikmati keindahan pantai Pariaman dengan cara yang berbeda.

"Wisatawan banyak datang ke Pariaman namun nginapnya di tempat lain. Jadi dengan ini maka wisatawan dapat bermalam di Pariaman dengan cara berbeda," katanya.

Apalagi, kata dia konsep yang diterapkan di kawasan wisata yang akan dikelola itu tidak saja dapat dinikmati secara berkeluarga namun juga komunitas.

Lalu, lanjutnya dalam pengelolaannya digunakan warga setempat sebagai pekerja serta tetap tidak melepaskan kebudayaan yang ada di daerah itu.

Ia menyampaikan meskipun pihaknya belum mengetahui pasti berapa besar dana yang akan diinvestasikan di Kota Pariaman di bidang pariwisata, namun hal tersebut sudah menunjukkan ketertarikan penanam modal untuk mengembangkan usahanya di daerah itu.

"Sejauh ini investasi untuk hotel sudah banyak, namun yang mengelola kawasan wisata di Pariaman baru ini," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya membantu dalam pengurusan izin usaha serta menyosialisasikan kepada warga setempat agar investasi ini dapat terealisasi segera.

Ia berharap setelah investasi tersebut terealisasi maka muncul investor lainnya untuk mengelola kawasan wisata di Pariaman sehingga dapat memperkuat pariwisata di daerah itu.