Fraksi Gerinda minta Pemkot Padang tambah lahan untuk pemakaman

id pemakaman umum,dprd padang,pemkot padang

Fraksi Gerinda minta Pemkot Padang tambah lahan untuk pemakaman

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Padang Mastilizal Aye (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Fraksi Gerinda DPRD Kota Padang meminta pemerintah setempat menyediakan lahan baru untuk tempat pemakaman umum dan pembangunan sekolah negeri baru di Padang.

"Penambahan ini mengingat pertumbuhan penduduk Padang yang meningkat setiap tahunnya, namun ketersediaan lahan belum memadai," kata Ketua Fraksi Gerinda DPRD Padang Mastilizal Aye di Padang, Rabu.

Ia mengungkapkan, saat ini ada tiga lokasi pemakaman yang dikelola pemerintah yang pertama berada di Tunggul Hitam Kota Padang yang sudah digunakan sejak tahun 1970.

Lalu ada TPU Air dingin yang sudah dibuka sejak tahun 2003 dan TPU Bungus Teluk Kabung Utara dibuka pada 2009. Ketiga lokasi tersebut saat ini sudah tidak memadai.

Ia menyampaikan selain TPU yang dikelola Pemkot Padang, juga ada beberapa lokasi pemakaman milik TNI/Polri dan suku tertentu di Padang.

Namun kondisinya, pemakaman ini tidak mampu menampung dan tidak jarang dilakukan pemakaman pada lokasi yang sama atau di kampung halaman di luar Padang.

"Melihat persoalan itu, ke depan Padang butuh lahan baru untuk dijadikan lokasi TPU Baru," ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan Fraksi Gerinda DPRD Padang mendukung pembangunan TPU baru dan meminta Pemkot Padang mencari lahan dan segera usulkan anggarannya, sehingga akan dibahas dan disetujui nantinya.

Kemudian, ia mengemukakan pembangunan jumlah sekolah negeri baik SMP/MTS dan SMA/ MAN tidak mengalami penambahan beberapa tahun belakangan.

Sekolah negeri terakhir yang didirikan, yakni SMP 43 pada 2015, lalu MTSN 7 pada 2013.

Menurutnya, terbatasnnya jumlah sekolah berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan sekolah bagi siswa Padang.

"Sehingga Gedung DPRD ini dan Dinas Pendidikan setiap tahun dipenuhi dengan demo orang tua siswa, yang anaknya tidak bisa masuk sekolah negeri," ujar dia.

Ia menambahkan, tamatan 417 sekolah dasar di Padang sekitar 15.836 siswa, hanya saja daya tampung 43 SMP negeri atau hanya 4897 siswa sisanya 55 SMP swasta atau 70.300 siswa.

Menurutnya, sementara rencana pembangunan sekolah negeri baru selalu terkendala dengan lahan, karena tidak adanya lahan yang dikelola langsung oleh Pemkot Padang.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan akan melakukan pembahasan dengan dinas terkait bersama komisi DPRD nantinya.

"Iya nantilah kita bahas, sebenarnya lahan kita banyak, nanti kita bisa bersama dengan DPRD," kata Hendri.

Menurutnya, Pemkot Padang memang akan menambah lokasi pemakanan untuk TPU Air Dingin dan TPU Bungus Teluk Kabung, namun lokasi masih belum diputuskan.

"Kita bersabarlah, karena ada tempat yang kita pertimbangkan, jangan sampai nanti masyarakat menolak," ujar dia.