Ini akan dibangun Pemprov Sumbar di Tanah Datar

id berita tanah datar,berita sumbar,jalan

Ini akan dibangun Pemprov Sumbar di Tanah Datar

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi (dari kanan) panen bawang bersama Bupati Tanah Datar, Eka Putra di Pandai Sikek Tanah Datar. (Antarasumbar/Prokopin Tanah Datar)

Ketika transportasi lancar tentu bisa meningkatkan perekonomian petani,
Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan membantu membangun jalan yang merupakan salah satu sarana utama pertanian dalam mendorong meningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tanah Datar.

"Pemprov Sumbar siap membangun jalan yang merupakan salah satu sarana utama untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Bupati bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nya harus bisa menyediakan atau membebaskan lahan, kita di provinsi Insya Allah akan bangun jalan," kata Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi saat panen perdana bawang merah di Pandai Sikek Selasa.

Ia mengatakan dengan adanya jalan ke areal pertanian warga banyak kemudahan dan keuntungan yang didapatkan petani salah satunya memudahkan tranportasi.

"Ketika transportasi lancar tentu bisa meningkatkan perekonomian petani, namun yang terpenting adalah hilirisasi hasil pertanian baik kepada penjual dan konsumen," katanya.

Ia juga mengatakan Pemprov Sumbar dan Kabupaten Tanah Datar mempunyai program dan misi yang hampir sama, yakni dalam pengembangan sektor pertanian.

"Insya Allah Pemprov Sumbar juga mengedepankan program pengembangan di sektor pertanian, karena itu tentunya kedepan banyak program yang bisa disinergikan bersama, makanya di kegiatan hari ini sengaja kita ajak akademisi dari perguruan tinggi," katanya.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengatakan saat ini khusus pada komoditas bawang merah, Tanah Datar sudah mempunyai varietas asli "Sumbu Marapi" yang sudah bisa digunakan dan sudah terdaftar sebagai varietas lokal.

"Hadirnya varietas Sumbu Marapi ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat, tidak hanya warga Tanah Datar tetapi juga masyarakat di luar Tanah Datar untuk dikembangkan," katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Tanah Datar juga telah memeroleh penghargaan tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terbaik I wilayah Sumbar dengan mengedepankan program Bangcerah yang merupakan singkatan pengembangan komoditas Cabai dan Bawang Merah.

Ia juga berharap dukungan pemerintah Provinsi dan Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian karena sektor pertanian menjadi salah satu sektor utama yang menjadi prioritas pembangunan di Tanah Datar.

"Tentunya ke depan dukungan dan bantuan Pemprov Sumbar melalui gubernur dan Balai Besar Litbang sangat diharapkan, karena memang pertanian menjadi salah satu sektor utama yang menjadi prioritas pembangunan di Tanah Datar," katanya.

Sementara Kepala Balai Litbang setempat Husnain mengatakan kegiatan ini merupakan pengembangan usaha tani bawang merah di lahan kering dataran tinggi di Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto.

Lahan pengembangan bawang merah ini melibatkan tiga kelompok tani (Keltan) yakni Keltan Puti, Bujang Juaro dan Berkah Agro dengan luas 10 hektar, dmana masa tanam berlangsung pada 2 Juli lalu yang panen hari ini.