Prodi TP UNP latih guru SMP di Kota Sawahlunto, guna membuat media dan evaluasi digital

id UNP, Prodi TP, latih guru, evaluasi digital, sawah

Prodi TP UNP latih guru SMP di Kota Sawahlunto, guna membuat media dan evaluasi digital

Ketua Pengabdian Prof. Dr. Alwen Bentri, M.Pd memberi sambutan pada acara pembukan pelatihan untuk guru SMP Sawahlunto. (ANTARA/HO-TPUNP)

Sawhlunto (ANTARA) -

Prodi Teknologi Pendidikan (TP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, melatih guru-guru SMP di Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, membuat media dan evaluasi digital bagian upaya meningkatkan kompetensi guru mengajar di era pembelajaran online.

Pelatihan merupakan program pengabdian masyarakat dari Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNP kerjasama UNP dan PGRI Kecamatan Barangin, dilaksanakan secara offline di laboratorium komputer SMP N 2 Kota Sawahlunto, dan dilanjutkan menggunakan zoom meeting pada 4- 7 September 2021.

Ketua Pengabdian Masyarakat UNP, Prof. Dr. Alwen Bentri, M.Pd, mengatakan program ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat dan juga kontribusi Prodi TP yang fokus dalam pengembangan media dan evaluasi pembelajaran.

Menurut Alwen media dan evaluasi merupakan komponen penting dalam pembelajaran dan guru perlu memiliki keterampilan untuk mengembangkannya sesuai dengan materi dan kompetensi apa yang akan diajarkan.

Ketua PGRI Cabang Barangin Kota Sawahlunto Antoni Bagadang, S.Pd menyambut baik kegiatan pelatihan yang dilaksanakan karena sangat berkontribusi untuk peningkatan kompetensi guru di wilayah tersebut.

“Kami berharap ada kerjasama pelatihan-pelatihan lainnya untuk peningkatan kompetensi guru, seperti penulisan karya ilmiah, bahan ajar dan lainnya,” kata Anton.
Suasana cara pelatihan guru SMP Sawahlunto. (ANTARA/HO-TPUNP)


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, diwakili Kasi Kurikulum Irma Yulis, S.Pd, dalam sambutannya menyatakan menyambut baik agenda pelatihan yang dilaksanakan UNP dalam bentuk pengabdian masyarakat dan berharap kegiatan dapat berlangsung berkelanjutan.

Irma menyatakan bahwa saat ini masih banyak guru yang perlu ditingkatkan kompetensinya dalam membuat media dan evaluasi terutama dalam pembelajaran digital.

Pelatihan desain media dan evaluasi digital bagi guru SMP di Kota Sawahlunto menghadirkan pemateri yakni dari dosen-dosen dari Prodi Teknologi Pendidikan UNP yakni, Dr. Abna Hidayati, M.Pd, Winanda Amilia, M.Pd, Andra Saputra M. Pd.

Pelatihan menghadirkan topik Urgensi Media dan Evaluasi di Era Pembelajaran Digital, Pengembangan Media Digital dan Pengembangan Evaluasi Digital.

Pelatihan dilakukan dengan metode ekspositori yakni pemberian materi secara langsung oleh narasumber dan diikuti kegiatan praktek langsung di laboratorium komputer yang dipandu oleh narasumber dan dibantu oleh tiga mahasiswa asal Prodi Teknologi Pendidikan UNP.
Suasana cara pelatihan guru SMP Sawahlunto, terlihat seorang pelatih sedang mendampingi para peserta (ANTARA/HO-TPUNP)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2021