Ini penilaian staf ahli Bupati Tanah Datar terkait keberadaan BLK Komunitas di daerah itu

id berita tanah datar,berita sumbar,blk

Ini penilaian staf ahli Bupati Tanah Datar terkait keberadaan BLK Komunitas di daerah itu

Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa di Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. (Antarasumbar/Etri Saputra)

Dengan kehadiran BLK ini tentu SDM masyarakat akan meningkat,
Batusangkar (ANTARA) - Staf Ahli Bupati Tanah Datar bidang ekonomi dan pembangunan Nusyirwan resmikan pemakaian gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa di Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Kamis.

Ia mengatakan keberadaan BLK komunitas itu dinilai sangat strategis dalam mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terutama dalam menyukseskan pencapaian program unggulan yang telah dicanangkan.

"BLK ini dinilai akan mampu mendukung progam unggul menciptakan 1.000 wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan baru, mengurangi pengangguran serta juga bisa menumbuhkembangkan UMKM di Tanah Datar," kata dia saat peresmian pemakaian gedung BLK di Sungai Tarab, Kamis.

Ia juga meyakini kehadiran BLK juga akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Tanah Datar terutama masyarakat yang mengikuti pelatihan.

"Dengan kehadiran BLK ini tentu SDM masyarakat akan meningkat, para peserta akan bisa mengasah pengetahuan, keterampilan dan sikapnya," katanya.

Nusyirwan juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Febby Dt. Bangso dan BLK Padang yang telah alokasikan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI tahun 2020 dan mendukung dilaksanakan pembangunan BLK ini di Nagari Gurun.

Saat ini di Kabupaten Tanah Datar selain di Sungai Tarab BLK juga sudah ada di Kecamatan Rambatan, Pariangan dan X Koto dan diharapkan seluruh kecamatan di Tanah Datar bisa memiliki.

Kepala BLK Komunitas Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa Febby Dt. Bangso mengatakan BLK komunitas merupakan fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan lembaga non pemerintah yang bertujuan memberikan pelatihan.

Di Sungai Tarab Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa menilai potensi cukup tinggi sehingga dengan kerjasama dan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan semua pihak, BLK komunitas dengan konsentrasi bidang Agro Industri bisa terwujud.

Ke depannya, BLK komunitas ini diharapkan akan lahir generasi atau masyarakat yang berdaya guna dan mempunyai keahlian untuk bisa ciptakan lapangan kerja sendiri.

"Silahkan manfaatkan semaksimal mungkin BLK komunitas ini, baik bagi masyarakat Gurun, Sungai Tarab ataupun dari kecamatan lain," ujar dia.