Saat berikan Kuliah Umum di UMSB Bukittinggi, ini yang dipesankan Ketua MK Anwar Usman

id berita bukittinggi,berita sumbar,mk

Saat berikan Kuliah Umum di UMSB Bukittinggi, ini yang dipesankan Ketua MK Anwar Usman

Kuliah umum Ketua MK Anwar Usman di UMSB Bukittinggi. (Antarasumbar/Al Fatah)

Banyak diantara kita yang belum mengenali dan memahami apa itu Mahkamah Konstitusi,
Bukittinggi (ANTARA) - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman melakukan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Kota Bukittinggi yang diikuti ratusan mahasiswa di kampus tersebut, Jumat.

Anwar Usman menyampaikan pesan dan harapannya kepada seluruh Civitas Akademi UMSB khususnya terhadap mahasiswa yang mengambil jurusan di Fakultas Hukum.

"Banyak diantara kita yang belum mengenali dan memahami apa itu Mahkamah Konstitusi, penting bagi Perguruan Tinggi untuk mengenalkan lebih jauh sosialisasi apa itu konstitusi," kata Anwar Usman di Bukittinggi, Jumat.

Ia mengatakan masalah peradilan pada hakikatmya harus diputuskan secara adil dan hati yang bersih.

"Sesuai dengan perintah agama yang mengatakan apabila kamu mengadili sesama manusia, maka putuskanlah dgn adil, maka adil ada di hati nurani dan dari hati yang bersih serta jiwa yang suci," kata dia.

Menurutnya, pengadilan tertinggi itu bukan berada di Mahkamah Konstitusi melainkan ada di hati nurani sang pengadil.

"Karena itulah, ketika seorang hakim menghukum tidak sesuai dengan hati nuraninya, sama saja dengan menghakimi diri sendiri," kata dia.

Ia menjelaskan dalam perkuliahan umum singkat itu tentang beberapa kewajiban dan kewenangan dari MK dalam mengambil keputusan.

"Diantaranya adalah MK berwenang memutuskan pada sengketa antar lembaga negara, misalnya presiden dengan MA, memutuskan pembubaran partai politik, memutuskan hasil pemilu dan lainnya," kata dia.

Anwar menegaskan bahwa setiap keputusan yang diambil tidak dapat memuaskan semua pihak karena setiap perkara selalu memunculkan pihak berkepentingan dan berlawanan.

"Hingga kiamat pun, kita tak akan bisa memuaskan kedua belah pihak yang berlawanan dalam sidang atau perkara," tegasnya.

Sementara Rektor UMSB, Riki Saputra mengapresiasi dan menyampaikan kebanggaannya dengan kehadiaran Ketua MK ke UMSB.

"Meskipun berjalan singkat, tapi memiliki makna yang dalam bagi seluruh Civitas UMSB, beliau telah berbagi dan mengedukasi kita bersama, dan semoga menjadi langkah awal untuk kerjasama selanjutnya dengan pihak MK," kata Riki.