Dinas Sosial Solok sosialisasikan SLRT dan Pukesos tingkatkan pelayanan

id berita solok,berita sumbar,sos

Dinas Sosial Solok sosialisasikan SLRT dan Pukesos tingkatkan pelayanan

Kepala Dinas Sosial Solok, Zulfadli saat memberikan pengarahan. (Antarasumbar/Dokumen Pribadi)

Serta meningkatkan partisipasi masyarakat dan koordinasi antar perangkat daerah serta pemangku kepentingan dalam pembangunan kesejahteraan sosial,
Solok (ANTARA) -

Dinas Sosial Kota Solok menyosialisasikan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Pukesos) agar Pemda dan fasilitator satu pemahaman dalam sistem layanan dan rujukan terpadu di Kota Solok.

"Selain itu, juga bertujuan agar lebih meningkatkan akses layanan serta mendukung verifikasi dan validasi data terpadu penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu di Kota Solok," kata Kepala Dinas Sosial Solok, Zulfadli di Solok, Senin.

Zul menyebutkan kegiatan tersebut disosialisasikan pada 48 fasilitator SLRT, dua supervisor, enam pukesos, sekretariat empat orang, dan manajer satu orang.

Ia juga mengharapkan peserta sosialisasi dapat memahami dan mengimplementasikan materi yang disampaikan narasumber dalam sistem layanan SLRT.

"Serta meningkatkan partisipasi masyarakat dan koordinasi antar perangkat daerah serta pemangku kepentingan dalam pembangunan kesejahteraan sosial," ujar dia.

Narasumber dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera, Mirsal menjelaskan bahwa SLRT/Pukesos merupakan suatu bentuk pelayanan yang mengedepankan keterpaduan dalam proses pelayanan.

"Diantara unit pelayanan yang ada dalam mendukung percepatan penanganan kemiskinan," ucapnya.

Sistem layanannya, yakni mengidentifikasikan kebutuhan dan keluhan fakir miskin dan orang tidak mampu serta melakukan rujukan kepada pengelola program penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu di pusat dan daerah.

Menurut dia masyarakat yang datang ke Dinas Sosial ialah orang tidak mampu dengan berbagai permasalahan.

"Dengan adanya pelayanan SLRT dan Pukesos ini melayani masyarakat dengan baik, masyarakat yang datang dalam kondisi bersedih diharapkan pulang dengan bahagia berkat pelayanan yang diberikan," kata dia.