16 tenaga kesehatan Sungai Tarab positif COVID-19, pelayanan ditutup sementara

id covid-19,puskesmas sungai tarab,tanah datar

16 tenaga kesehatan Sungai Tarab positif COVID-19, pelayanan ditutup sementara

Tiga tenaga kesehatan menunjukkan kartu tanda telah divaksinasi COVID-19 di Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (7/2/2021). Kementerian Kesehatan hingga Minggu (7/2) telah memberikan vaksin COVID-19 Sinovac tahap pertama kepada 784.318 orang, sementara untuk vaksinasi tahap kedua sudah diberikan kepada 139.131 orang. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat melakukan tracing kepada warga yang memiliki kontak erat dengan 16 tenaga kesehatan (nakes) puskesmas Sungai Tarab pasca dinyatakan positif COVID-19.

"Ya, kita sekarang tracing dulu dengan siapa siapa saja nakes ini melakukan kontak, dan kita liat siapa yang kontak dua hari sebelum swab," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanah Datar Roza Mardiah di Batusangkar Selasa.

Ia mengatakan pasca dinyatakan positifnya terinfeksi virus corona jenis baru itu, untuk sementara layanan kesehatan di Puskesmas Sungai Tarab dihentikan.

Penghentian sementara layanan kesehatan untuk masyarakat itu telah dimulai pada Senin (7/6) hingga waktu yang belum ditentukan.

"Untuk sementara layanan kesehatan di Puskesmas Sungai Tarab kita hentikan terlebih dahulu hingga waktu yang belum ditentukan. Kita cari dahulu orang-orang yang kontak erat," katanya.

Terkait dengan adanya guru yang kontak dengan tenaga kesehatan saat vaksinasi di puskesmas itu, pihaknya mengaku belum mengetahui secara pasti.

"Kita cek dulu apa ada nakes kita melakukan vaksinasi saat itu, kita belum dapat informasi pasti, biasanya nakes kita berpakaian pengaman lengkap. Tapi kita tanya dulu ya, apa ada guru yang vaksin saat itu," katanya.

Ia mengatakan tingginya angka penyebaran COVID-19 di Tanah Datar sejak beberapa waktu terakhir dipicu kendornya penerapan protokol kesehatan ditengah-tengah masyarakat.

Sementara dalam beberapa hari terakhir, penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 di Tanah Datar meningkat drastis, dalam tiga hari terakhir terdapat 134 orang kasus positif.

"Saya harapkan kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak, hindari kerumunan," katanya.