UNP buka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri dan prestasi

id UNP, penerimaan mahasiswa

UNP buka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri dan prestasi

Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang (UNP) di Padang, Sumatera Barat. (ANTARA/Mutiara)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru jalur mandiri dan prestasi dengan kuota 30 persen dari total jumlah penerimaan mahasiswa baru.

"Kami membuka pendaftaran mahasiswa baru di UNP jalur mandiri dan prestasi yang dibuka untuk 106 program studi yang ada di UNP," kata Rektor Prof Ganefri, Ph.D di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan untuk penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi bisa melalui penghafal Alquran maupun prestasi bidang olahraga.

"Bagi mahasiswa yang diterima jalur prestasi mereka juga akan diberikan beasiswa khusus hingga tamat kuliah," kata Rektor.

Rektor mengatakan dibukanya jalur prestasi tersebut adalah untuk memberikan peluang dan penghargaan kepada mereka yang berjasa membawa nama daerah maupun negara.

Khusus penerimaan mahasiswa baru pada Program Studi (Prodi) D3 hanya dibuka pada jalur mandiri saja, tidak ada jalur SNMPTN maupun SBMPTN seperti untuk D4 dan S1.

Kemudian untuk pembayaran uang kuliah mengikuti kemampuan ekonomi daripada orang tua masing-masing calon mahasiswa mulai dari Rp500 ribu hingga paling tinggi Rp4.750 ribu.

"Khusus untuk Prodi D3, UNP juga menyediakan beasiswa berupa KIP Kuliah, jadi bagi anak-anak yang kurang beruntung dari sisi ekonomi tapi punya kemampuan akademik, mereka berhak dapat KIP Kuliah," kata Rektor.

Rektor mengatakan tahun ini UNP mendapatkan cukup banyak formasi untuk beasiswa KIP Kuliah lebih dari 2000 dan tidak jauh berbeda dibanding tahun lalu yang hampir mencapai 2.200.

"Beasiswa ini kita bagi dari semua jalur penerimaan mahasiswa baru termasuk juga jalur mandiri, jadi tidak ada perbedaannya, hanya jalur masuknya saja yang berbeda," ucapnya.

Rektor mengatakan untuk jalur undangan atau SNMPTN yang dipilih adalah 10 besar siswa terbaik dari setiap sekolah, dan UNP saat ini telah menerima lebih dari 2.300 mahasiswa baru dari jalur tersebut dari yang mendaftar sebanyak 23.000 orang.

"Untuk mahasiswa baru jalur undangan itu mereka sudah mendaftar dan menunggu pembekalan kehidupan mahasiswa baru, kemudian untuk jalur SBMPTN kami sedang menunggu proses dan sebentar lagi akan diumumkan," ujar dia.

Untuk jalur penerimaan terakhir yakni jalur mandiri seleksinya sama seperti jalur SNMPTN melalui portofolio dan juga melalui nilai UTBK-SBMPTN.

Bagi calon mahasiswa yang tidak lulus SBMPTN secara otomatis nilainya akan dirangking untuk penerimaan di UNP, sedangkan bagi yang tidak ikut SBMPTN akan diseleksi melalui nilai rapor.

Batas pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri adalah hingga 18 Juni untuk Prodi D4 dan S1. Sementara itu untuk Prodi D3 dibuka hingga 25 Juni 2021.

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar