SMPN 1 Padang beri santunan siswa dan guru honor senilai Rp55 juta

id smpn 1 padang

SMPN 1 Padang beri santunan siswa dan guru honor senilai Rp55 juta

Kepala SMPN 1 Padang Junaidi (kanan) menerima secara simbolis santunan dari Ketua Komite SMPN 1 Padang di Padang, Jumat (7/5). (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - SMP Negeri 1 Padang memberikan santunan kepada siswa kurang mampu dan guru serta pegawai honor senilai Rp55 juta yang dihimpun dari para guru, orang tua siswa hingga alumni.

"Ini merupakan bentuk kepedulian kepada anak yang kurang mampu serta guru dan pegawai honor," kata Plt Kepala SMPN 1 Padang Junaidi di Padang, Jumat.

Menurut dia santunan diberikan kepada 121 siswa dengan nilai Rp300 ribu per anak, untuk 24 guru dan pegawai honor Rp750 ribu per orang ditambah paket sembako.

Sumber santunan berasal dari bantuan orang tua murid, alumni, guru dan pegawai serta sembako dari relasi, kata dia.

Untuk siswa yang dibantu adalah yang kurang mampu berdasarkan usulan wali kelas.

"Kita ingin menunjukan keluarga besar SMPN 1 Padang peduli karena kondisi siswa berbeda ada yang orang tuanya berpunya dan ada juga yang kurang mampu," kata dia.

"Apalagi menurutnya di saat Lebaran guru PNS menerima THR namun guru honor dan pegawai tidak sehingga dilakukan penggalangan santunan agar juga bergembira menyambut Lebaran.

Sementara salah seorang Alumni SMPN 1 Padang Irawati Meuraksa mengapresiasi upaya yang dilakukan pihak sekolah, orang tua dan alumni yang mau berbagi dengan siswa kurang mampu dan guru honor.

"Kali ini masih internal SMPN 1 Padang yang menggalang donasi, mudah-mudahan ke depan bisa berbagi untuk lingkungan sekitar sekolah atau panti asuhan sehingga anak-anak tumbuh jiwa empatinya," kata dia.

Ia melihat kegiatan seperti ini hanya butuh penggerak dan begitu ada akan bisa menghimpun santunan dalam jumlah yang besar.

"Dengan demikian pelajar yang kurang mampu penerima santunan akan lebih fokus belajar," kata dia.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar