UM Sumbar perbanyak beasiswa dan program pengabdian masyarakat

id universitas muhammadiyah

UM Sumbar perbanyak beasiswa dan program pengabdian masyarakat

Rektor UM Sumatera Barat saat melakukan "Meeting Zoom" bersama wartawan di Bukittinggi. (Antara/Alfatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menargetkan peningkatan program pengabdian ke masyarakat dan jumlah beasiswa bagi mahasiswa terlebih di saat pandemi.

"UM Sumbar memberikan beragam beasiswa dan menyegerakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan memperbanyak kegiatan pengabdian pada masyarakat," kata Rektor UM Sumbar Dr Riki Saputra saat melakukan meeting zoom bersama wartawan di kampus III UM Sumbar Bukittinggi, Kamis malam.

Menurutnya program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa diberikan dengan beragam kategori.

Ada beasiswa tahfiz bagi mahasiswa penghafal Al Quran, beasiswa program sekolah kader Muhammadiyah dan lainnya, kata dia.

Untuk sejumlah kategori melalui seleksi, beberapa mahasiswa digratiskan uang kuliah dan ada juga mahasiswa yang diberikan gratis biaya kuliah hingga menamatkan pendidikannya.

Selama COVID-19, UM Sumbar memberikan keringanan berupa gratis uang ujian semester ditambah kuota data internet dari pemerintah.

Riki Saputra menambahkan program pengabdian masyarakat yang dipilih adalah yang terasa manfaatnya secara nyata oleh masyarakat.

"Salah satunya adalah desa wisata binaan yang dipelopori Fakultas Pariwisata, UM Sumbar optimis dengan SDM dan kebersamaan yang dimiliki maka perencanaan akan segera terwujud," kata dia.

Untuk tahun ini UM Sumbar melakukan peningkatan infrastruktur serta penambahan sembilan prodi yang segera direakreditasi oleh BAN PT.

UM Sumbar juga akan menggelar seminar konvensi internasional yang melibatkan lima negara yaitu Jepang, Brunei Darusalam, Filipina dan Malaysia.

Beberapa gedung juga ditambah diantaranya kampus di Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Pasaman.

Saat ini jumlah calon mahasiswa yang sudah mendaftar di UM Sumbar mencapai 800 orang.

"Ini menunjukkan peminat UM Sumatera Barat setiap tahun terus bertambah,” kata Rektor termuda di Sumbar itu mengakhiri.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar