BPJS Kesehatan Padang berikan sosialisasi dan pemahaman program JKN-KIS di KPP Pratama

id berita padang,berita sumbar,jkn

BPJS Kesehatan Padang berikan sosialisasi dan pemahaman program JKN-KIS di KPP Pratama

Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) kepada pegawai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Padang Satu. (Antarasumbar/HO-BPJS Kesehatan)

Peserta JKN – KIS dapat memanfaatkan kanal Pandawa dengan cara mengirimkan pesan melalui nomor WhatsApp ke nomor yang disediakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Padang,
Padang (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Padang melakukan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) kepada pegawai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Padang Satu.

Hal itu agar pegawai KKP Pratama Padang Satu lebih memahami dan mengetahui perkembangan yang ada di program JKN-KIS.

Kegiatan sosialisasi dibuka Kepala KPP Pratama Padang Satu, dihadiri 25 orang secara offline dan 85 orang mengikuti via video conference aplikasi Zoom. Sejumlah hal yang dibahas dalam sosialisasi terkait Program JKN – KIS, seperti pengenalan manfaat dan fungsi aplikasi Mobile JKN dan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa).

“Peserta JKN – KIS dapat memanfaatkan kanal Pandawa dengan cara mengirimkan pesan melalui nomor WhatsApp ke nomor yang disediakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Padang. Setelah itu peserta akan dilayani oleh petugas sesuai dengan kebutuhan pelayanan administrasi peserta tersebut,” ujar Kepala Bidang kepesertaan dan pelayanan Peserta, Debi Mersah Putra.

Disamping itu BPJS Kesehatan Cabang Padang saat ini gencar melakukan sosialisasi kepada setiap segmen peserta JKN – KIS, instansi maupun badan usaha. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Padang melalui program inovasinya bernama Si – Jadoel (Sosialisasi JKN – KIS Terjadwal Online Bersama BPJS Kesehatan). Inovasi ini merupakan program sosialisasi JKN - KIS yang terjadwal dengan pelaksanaan berbasis video conference.

“BPJS Kesehatan Cabang Padang kini mempersembahkan suatu inovasi kepada peserta JKN – KIS. Silahkan mendaftarkan Instansi, Perusahaan dan komunitasnya ke link Google Docs untuk jadwal sosialisasi online Si – Jadoel ini.

Pelaksanaan Si-Jadoel ini sejalan dengan langkah pemerintah dalam penegakan dan pelaksanaan Protokol COVID–19 tanpa membatasi masyarakat untuk mendapatkan sosialisasi terkait program JKN – KIS. Selanjutnya person in charge (PIC) dari BPJS Kesehatan Padang akan menghubungi . Sosialisasi online Si – Jadoel ini dilaksanakan hanya di jam kerja dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB,” ujar Debi.

Ia juga menyampaikan harapan terbesar dengan hadirnya inovasi yang hadir dari BPJS Kesehatan ini dapat memberi kemudahan bagi peserta JKN – KIS.

Karena bisa memudahkan menyelesaikan proses administrasi kepesertaan melalui smartphone tanpa harus tatap muka dan antre di Kantor BPJS Kesehatan,” ujar Debi.

Sementara Kepala KPP Pratama Padang I Agus Budihardjo, menyambut baik langkah BPJS Kesehatan yang gencar melakukan sosialisasi dan mengapresiasi inovasi yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN – KIS.

“Kami mengapresiasi BPJS Kesehatan Cabang Padang yang telah memenuhi undangan in house training dari kami. Diharapkan pegawai kami memahami program JKN – KIS. Memahami apa yang menjadi hak dan kewajiban sebagai peserta JKN – KIS.

Terkadang banyak berita hoaks yang tersebar di masyarakat yang membuat kita salah paham. Oleh karena itu informasi dan pemahaman yang diberikan oleh BPJS Kesehatan hari ini dapat membantu pegawai kita dalam mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan,” ujar Agus.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar