Bupati Tanah Datar imbau masyarakat ciptakan situasi kondisif selama Ramadhan

id Tanah Datar, Sumbar, Padang

Bupati Tanah Datar imbau masyarakat ciptakan situasi kondisif selama Ramadhan

Bupati Tanah Datar Eka Putra   (Antara/HO- Humas Tanah Datar)

Batusangkar, (ANTARA) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Eka Putra mengimbau masyarakat di daerah itu untuk menciptakan situasi aman dan kondusif selama ramadhan hingga hari raya idul fitri 1442 Hijriah.

"Untuk menjaga suasana agar tetap tenang dan kondusif pada saat bulan Ramadhan masyarakat diharapkan agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan menaati aturan yang telah ditetapkan pemerintah daerah," kata Bupati Eka Putra di Batusangkar Sabtu.

Ia mengharapkan agar situasi benar aman dan nyaman tim penegak hukum terpadu (Gakkumdu) harus memastikan tidak ada warung kelambu baik di pasar-pasar maupun di permukiman masyarakat yang beroperasi selama Ramadhan.

Selain menertibkan warung kelambu petugas juga diharapakan melakukan penertiban dan pemeriksaan atau razia kepada para pedagang petasan serta pengawasan dan pengamanan di kawasan pasar pabukoan.

"Terus lakukan razia secara rutin agar kita bisa memastikan masyarakat di Tanah Datar bisa melaksanakan ibadah Ramadhan dengan tenang dalam suasana yang kondusif," katanya.

Ia mengharapkan petugas di lapangan juga senantiasa memberikan edukasi, sosialisasi, dan penerapan disiplin masyarakat tentang protokol kesehatan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tim Gabungan juga agar melaksanakan pengawasan dengan melakukan patroli tempat-tempat umum dan rumah ibadah pada malam harinya.

Khusus kepada personil Pemadam Kebakaran (Damkar) diminta meningkatkan kewaspadan dan selalu memperhatikan peralatan serta kendaraan operasionalnya.

"Supaya saat bertugas semuanya berjalan lancar sesuai dengan keinginan dan tanpa adanya kendala yang bisa menghambat tugas kita sebagai tim penyelamat," katanya.

Eka Putra berpesan kepada seluruh petugas agar bertugas dengan bersungguh-sungguh sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, jaga kekompakan, kebersamaan dan keterpaduan seluruh anggota tim.

"Dalam melaksanakan tugas jangan arogan, jangan emosional, utamakan upaya persuasif dan tetap saling berkerja sama, utamakan keselamatan dan jangan lupa tetap menjalankan protokol kesehatan. Meski bertugas, jangan lalai kan ibadah apalagi ini bulan Ramadhan" katanya.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar