Doni Monardo minta perantau Minang tidak pulang kampung dulu Lebaran ini

id Doni Monardo,ketua satgas covid-19,pandemi covid-19

Doni Monardo minta perantau Minang tidak pulang kampung dulu Lebaran ini

Kepala BNPB Doni Monardo saat berkunjung ke Tugu Merpati Perdamaian di Pantai Padang, Kamis (15/4). (ANTARA/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta perantau Minangkabau yang ada di seluruh Indonesia untuk tidak pulang kampung dulu pada Lebaran tahun ini dalam rangka mencegah penularan COVID-19.

"Saya tidak bosan mengimbau perantau Minang agar menunda dulu mudik pada tahun ini," kata dia di Padang, Kamis saat meninjau pembangunan batu grip penahan ombak di Pantai Padang.

Menurut Doni belajar dari Lebaran 2020 saat itu tercatat kasus COVID-19 di Sumbar relatif rendah, namun setelah Lebaran meningkat.

"Akibatnya setelah Lebaran rumah sakit penuh, ada juga dokter yang wafat dan menimbulkan kepanikan," ujarnya.

Ia meminta para perantau Minang yang ada di seluruh provinsi di Indonesia turut serta membantu pemerintah dengan menahan diri dulu.

"Untuk sementara jangan ada dulu acara pulang kampung termasuk kegiatan pulang basamo," katanya lagi.

Ia berharap orang Minang bersabar dulu karena nanti warga lain akan ikut sabar.

"Sumatera Barat sebagai daerah yang memiliki perantau paling banyak mari mengajak saudara sebangsa se-Tanah Air tidak pulang kampung," katanya.

Doni menyampaikan saat itu kasus COVID-19 di Indonesia cukup terkendali, sementara di negara lain malah lonjakan luar biasa mulai dari kasus harian hingga angka kematian.

"Padahal ada banyak negara yang sudah vaksin, memang vaksin bukan jaminan tapi bisa membantu membuat orang lebih tahan COVID-19," katanya.

Ia menceritakan pengalaman berbahayanya COVID-19 selaku penyintas dan kalau terlambat dibawa ke rumah sakit bisa berujung kematian.