Polisi Padang Awasi Tempat Pemandian Cegah "Balimau"

id berita sumbar,berita padang ,balimau

Polisi Padang Awasi Tempat Pemandian Cegah "Balimau"

Padang (ANTARA) - Aparat Polsek Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat mengawasi tempat tempat pemandian terutama Pantai Air Manis yang sering dijadikan masyarakat untuk melakukan tradisi "balimau" yaitu semacam mandi-mandi untuk mensucikan diri yang dilaksanakan sehari sebelum bulan puasa.

Tradisi ini sudah berlangsung dalam waktu lama, namun untuk puasa 1442 H atau tahun 2021 Kapolsek Padang Selatan AKP Purwanto menghimbau masyarakat untuk tidak menjalankan tradisi balimau dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Padang.

Pengamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan yang disebabkan banyaknya masyarakat yang melakukan tradisi balimau. “Kita tidak menutup tempat wisata hanya membatasi pengunjung yang datang untuk balimau, kita hanya mengantisipasi terjadinya kerumunan,” kata AKP Purwanto Kapolsek Padang Selatan, Senin, (12/4).

Purwanto menegaskan, sejumlah personil Polsek Padang Selatan disiagakan ke tempat-tempat yang dijadikan sebagai tempat favorit masyarakat untuk melakukan tradisi balimau, jika masyarakat masih berkerumunan akan dibubarkan oleh petugas kepolisian.

“Petugas akan menjaga lokasi tempat yang akan dijadikan untuk balimau pada kecamatan Padang Selatan, supaya tidak terjadi kerumunan dan kalau masyarakat melanggar pasti akan dibubarkan,” ujarnya

Ia berharap masyarakat dapat mengerti dengan kebijakan yang diambil oleh pemerintah mengimbau untuk tidak berkerumunan pada situasi pandemi Covid-19 saat ini.

“ini adalah bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19,” tutupnya.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar