60 KK perantau Tanah Datar di Kalimantan Selatan terima bantuan Rp129 juta rupiah

id berita tanag datar,berita sumbar,rantau

60 KK perantau Tanah Datar di Kalimantan Selatan terima bantuan Rp129 juta rupiah

Pemkab Tanah Datar saluran bantuan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan. (Antarasumbar/Facebook @Humas Tanah Datar)

Nilainya tidak besar, tetapi ini menunjukkan rasa peduli kita,
Batusangkar (ANTARA) - Sebanyak 60 kepala keluarga (KK) perantau asal Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang terdampak banjir di Kalimantan Selatan menerima bantuan sebesar Rp129 juta yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Richi Aprian Senin, (15/3).

"Bantuan ini wujud ingin berbagi duka atas musibah banjir yang menimpa masyarakat Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu serta bersilaturahmi dengan pemerintah kota Banjarbaru dan perantau," kata Richi Aprian saat bertemu dengan perantauan Tanah Datar di Kantor Balai Kota Banjarbaru, Senin.

Ia mengatakan sumbangan tersebut berasal donasi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemerintah Tanah Datar, perantau, masyarakat, Baznas dan donator lainnya.

Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban dan membantu masyarakat Tanah Datar pasca banjir yang melanda daerah itu.

"Nilainya tidak besar, tetapi ini menunjukkan rasa peduli kita, dimanapun bapak dan ibu berada, Insya Allah Pemerintah Kabupaten Tanah Datar selalu hadir melayani," katanya.

Ia mengharapkan kepada para perantau juga terus menjalin komunikasi dengan sanak saudara di kampung halaman.

"Telepon-telepon juo lah urang kampuang, baa kondisi surau awak ini, baa kondisi musajik awak, lai ado penghuni rumah gadang yang wak tinggakan, lah bara juz anak kamanakan lah hafal Alquran," katanya.

Ia juga mengatakan saat ini di Tanah Datar punya program waqaf 1.000 hafiz yang sudah berjalan enam tahun, program itu melahirkan 1.000 hafiz anak setiap tahun dari berbagai tingkatan.

Sementara Kepala Dinas Sosial Tanah Datar, Yuhardri mengatakan donasi tersebut berhasil dikumpulkan dari berbagai elemen masyarakat di Tanah Datar sebesar Rp183.983.000.

Bantuan tersebut disalurkan untuk 60 KK korban banjir di Kalimantan Selatan dan 19 KK untuk korban gempa bumi di Mamuju Sulawesi Barat.

"Dari total yang terkumpul, masing-masing KK akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2.150.000 walau tidak besar namun keberkahan dari Allah SWT yang diharapkan," katanya.