Bupati Tanah Datar harapkan sektor pertanian terus bergerak ditengah pandemi

id berita tanah datar, berita sumbar, pertanian

Bupati Tanah Datar harapkan sektor pertanian terus bergerak ditengah pandemi

Bupati Tanah Datar Eka Putra (Antara/Istimewa)

Batusangkar, (ANTARA) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Eka Putra mengharapkan sektor pertanian didaerah itu terus bergerak di tengah pandemi COVID-19 hingga menjadi industri yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita tahu saat ini pertumbuhan ekonomi akibat pandemi COVID-19 menghantam hampir seluruh sektor, hanya sektor pertanian yang masih bertahan, kita berharap sektor pertanian terus bergerak cepat," kata Bupati Eka Putra di Batusangkar Selasa.

Ia mengatakan semua komponen dan kelompok masyarakat untuk bersama mendukung sektor pertanian termasuk kendala yang dihadapi para petani dalam mendapatkan pupuk.

"kalau ada kendala pupuk dan laninya langsung lapor ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait atau langsung lapor kepada saya," katanya.

Harapannya ke depannya di Tanah Datar ada upaya mengolah potensi pertanian menjadi sebuah industri yang mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat seperti mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi.

"Seperti mengolah bahan mentah dari tomat menjadi saos tomat misalnya," katanya.

Ia juga berharap kepada seluruh unsur masyarakat untuk mendukung dan bekerja sama mewujudkan visi dan misi yang telah disusun sehingga terwujudnya Kabupaten Tanah Datar yang madani, maju dan sejahtera berlandaskan Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) setempat hasil produksi pertanian khususnya padi didaerah itu mengalami peningkatan produksi dibanding tahun sebelumnya.

Produksi padi pada 2020 tercatat sebanyak 333.787 ton sementara produksi padi pada 2019 tercatat hanya sebanyak 322.682 ton.

Peningkatan produksi padi juga seiring dengan peningkatan luas panen yakni 58.559,20 hektare pada 2020 dan 56.610,9 hektare pada tahun 2019.