Wako Pariaman terpilih jadi Ketua LKAAM Pariaman

id berita pariaman,berita sumbar,LKAAM

Wako Pariaman terpilih jadi Ketua LKAAM Pariaman

Walikota Pariaman, Sumbar, Genius Umar sedang memberikan sambutan pada Musda LKAAM dan Bundo Kanduang Kota Pariaman. (Antarasumbar/Aadiaat M. S.)

Program yang dimiliki tak akan berjalan tanpa dukungan dari seluruh unsur yang ada di Kota Pariaman,
Pariaman (ANTARA) - Walikota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar Rang Kayo Rajo Gandam terpilih menjadi Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman periode 2021-2026 yang pemilihannya dilaksanakan pada Musyawarah Daerah (Musda) III lembaga tersebut pada Kamis (26/2).

"Bagi saya jabatan itu bukan tujuan tapi wadah untuk memulai suatu pekerjaan sesuai dengan tugas yang diemban," kata Genius Umar di Pariaman, Jumat.

Meskipun begitu, lanjutnya dirinya tetap meminta dukungan dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat di daerah itu untuk menegakkan norma agama dan adat yang dianut selama ini.

Ia menyampaikan banyak program strategis yang akan dilaksanakannya sebagai Ketua LKAAM yang baru salah satunya mengumpulkan kembali para Dubalang yang ada di setiap desa dan kelurahan guna mempertegas dan memperjelas tugas pokok dan fungsinya.

"Program yang dimiliki tak akan berjalan tanpa dukungan dari seluruh unsur yang ada di Kota Pariaman," katanya.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu untuk membangkitkan kembali nuansa adat yang berlandaskan agama serta kaidah yang berlaku.

Ia mengapresiasi kepengurusan LKAAM yang lama dibawah kepemimpinan Mukhlis Rahman yang merupakan Walikota Pariaman sebelumnya karena banyak sumbangsih yang telah dilakukan di lembaga tersebut.

Sementara Sekretaris Umum LKAAM Sumbar, Amril Amir dalam sambutannya pada pembukaan Musda LKAAM Kota Pariaman Kamis kemarin mengatakan Genius Umar pantas mengisi posisi tersebut karena memiliki kriteria sebagai pemimpin.

Ia mengatakan dirinya sudah lama mengenal yang bersangkutan dan ditambah dengan cara menjawab pertanyaan wartawan terkait dengan SKB 3 Menteri.