Bupati dan Wabup Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E dan Dasril Panin Datuk Labuan dilantik Gubernur Sumbar

id Bupati Dharmasraya, sutan riska-dp, gubernur mahyeldi

Bupati dan Wabup Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E dan Dasril Panin Datuk Labuan dilantik Gubernur Sumbar

Gubernur Sumbar Mahyeldi memasangkan benggo Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat pelantikan di istana gubernuran. (Antara/HO)

Pulau Punjung (ANTARA) - Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota masa jabatan tahun 2021-2024 Sumatera Barat telah dilaksanakan pada Jumat (26/2) di Kantor Gubernur Sumatera Barat. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi.

Pelaksanaan pelantikan dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan peserta terbatas serta menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Pada kesempatan itu Gubernur Sumbar juga turut melantik kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020 dari 10 kabupaten/kota lainnya yang ada di Sumbar. Yakni Kota Solok, Kota Bukittinggi, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam sambutanya menyampaikan selamat kepada kepala daerah yang baru saja dilantik.

"Semoga amanah yang diberikan kepada saudara dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, kemajuan daerah masing-masing dan Sumatera Barat yang akan datang," ujar dia.
Gubernur Sumbar Mahyeldi menyerahkan ke Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat pelantikan di istana gubernuran. (Antara/HO)


Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, lanjut Mahyeldi, kepala daerah harus siap melangkah bersama untuk melanjutkan ujian berikutnya yang lebih berat lagi janji-janji untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di daerah masing-masing.

"Kini saatnya saudara berjanji bekerja siang dan malam untuk memastikan setiap rakyat di seluruh pelosok wilayah saudara bisa merasakan kehadiran layanan pemerintahan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Dharmasraya juga disaksikan secara virtual oleh segenap unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Ketua KPU Dharmasraya beserta anggota, Bawaslu, Kepala Perangkat Daerah, Anggota DPRD dan sejumlah tokoh masyarakat, di salah satu hotel di Padang. .

Sutan Riska Tuanku Kerajaan setelah pelantikan mengatakan bersama Datuak Labuan siap memimpin Dharmasraya ke arah yang lebih Maju, Mandiri dan Berbudaya.

Ia meminta doa dan dukungan dari segenap masyarakat, agar cita-cita tersebut bisa terwujud.

Bupati dan Wabup Dharmasraya Sutan Riska Tuanku - Dasril Panin Dt Labuan. (Antara/HO)


"Kini siriah lah baliak ka gagangnyo, pinang lah kumbali ka tampuaknyo. Bungo lah manjadi putiak, putiak kini lah manjadi buah, buah ka untuak kito basamo. Kami yakin niat baik akan dimudahkan oleh Allaah SWT, Aamiin," ujar bupati yang dikutip dari laman Facebook pribadinya.

"Alhamdulillaah, di hari jumat yang pernuh berkah ini, kami dilantik untuk melanjutkan pembangunan Dharmasraya," lanjut dia.

Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E.

lahir di Solok Sumatera Barat 27 Mei 1989 yang kini berusia 31 tahun. Ia adalah salah seorang pengusaha dan politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Suami dari Dewi Lopita Sari juga menjabat sebagai Raja Koto Besar. Ia juga merupakan bupati termuda yang pernah dilantik di Indonesia dalam usia 26 tahun pada periode 2016-2021 yang kala itu berpasangan dengan Amrizal Dt Rj Medan.
Bupati dan Wabup Dharmasraya Sutan Riska Tuanku menandatangani memori pelantikan disaksikan oleh Gubernur Mahyeldi. (Antara/HO)


Sedangkan Wakil Bupati Dasril Panin Datuk Labuan merupakan putra asli di Sungai Dareh, Pulau Punjung, Dharmasraya, Sumatra Barat berusia 73 tahun

Suami dari Andi Megawati pernah menjadi Anggota DPR RI Fraksi Golkar periode 1999—2004. Iapun pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI Fraksi Karya Pembangunan 3 periode yakni 1982—1987, 1993—1997, dan 1997—1999.

Sutan Riska Tuanku Kerajaan-Dasril Panin Dt Labuan unggul dengan perolehan 71.590 suara atau 63,62 persen pada Pilkada serentak 2020. Sutan Riska menjadi kepala daerah pertama yang berhasil memecahkan rekor sebagai bupati dua periode di deerah.

Dengan kemenangan mencapai 63,62 persen masyarakat beharap kepada bupati dan wakil Dharmasraya periode 2021-2024 menjadi kepala daerah untuk seluruh masyarakat.

"Kami masyarakat mengucapakan selamat atas pelantikan kepala daerah kita, kedua jadilah kepala daerah untuk semua kalangan baik yang mendukung maupun tidak," kata Tokoh Masyarakat Mualimin Jba.

Menurut dia dalam berjalannya roda pemerintahan yang baik dibutuhkan dukungan seluruh pihak terkait dan masyarakat dalam mewujudkan visi dan misi kepemimpinan kepala daerah
Bupati dan Wabup Dharmasraya Sutan Riska Tuanku-Dasril Lanin Datuk Labuan foto bersama didampingi istri dan orangtuanya usai dilantik oleh Gubernur Mahyeldi. (Antara/HO)


Iapun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengawal proses kebijakan daerah ke depan. Menurut dia pemerintah harus mendapatkan kritik dari masyarakat.