TNI akan buka 2,5 kilometer jalan pada TMMD 110 di Padang Pariaman

id TNI,Padang Pariaman,Sumbar,berita sumbar

TNI akan buka 2,5 kilometer jalan pada TMMD 110 di Padang Pariaman

Dandim 0308/Pariaman Letkol. Czi Titan Jatmiko. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Parit Malintang, (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan membuka jalan sepanjang dua koma lima kilometer dengan lebar enam meter di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 pada Maret 2021.

Dandim 0308/Pariaman Letkol. Czi Titan Jatmiko di Pariaman, Minggu mengatakan dengan adanya jalan ini maka dapat memperpendek jarak tempuh warga untuk mencapai pusat nagari dan mempermudah petani membawa hasil pertaniannya.

Jalan yang akan dibuka tersebut yaitu menghubungkan Korong Lipek Pageh dengan Korong Gamaran, Nagari Salibutan yang kondisinya masih jalan setapak.

Ia menyampaikan karena kondisi tersebut warga lebih menggunakan akses jalan lainnya yang jarak tempuhnya lebih jauh dari jalan yang akan dibuka sekarang.

"Sekarang warga harus lewat nagari lainnya. Mudah-mudahan dengan adanya jalan ini maka dapat mempermudah mobilisasi warga," katanya.

Untuk melancarkan TMMD di daerah itu pihaknya akan melaksanakan pra-TMMD yang dilaksanakan pada Senin (8/2).

Ia menyampaikan kondisi jalan yang akan dibangun nantinya masih berkerikil namun diharapkan pemerintah setempat dapat menindaklanjutinya dengan pengaspalan.

Ia menyebutkan untuk menyukseskan kegiatan tersebut pihaknya mendapat dukungan dana sekitar Rp1 miliar dari Pemerintah Padang Pariaman.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga mendapatkan tambahan dana dari Badan Amil Zakat Nasional Sumbar sebesar Rp100 juta untuk merenovasi lima rumah tidak layak huni di daerah itu.

"Kami juga akan melakukan aksi sosial lainnya, memperbaiki mushala dan lapangan bola," ujarnya.

Ia menambahkan selain mengerjakan sasaran fisik pihaknya juga melaksanakan kegiatan non fisik di antaranya sosialisasi vaksinasi COVID-19 serta penyuluhan pertanian dan kesehatan.(*)