Pemkab Tanah Datar luncurkan e-retribusi pasar

id berita tanah datar,berita sumbar,retribusi

Pemkab Tanah Datar luncurkan e-retribusi pasar

Sosialisasi peluncuran e-retribusi di pasar Batusangkar. (Antarasumbar/Istimewa)

Hari ini kita telah meluncurkan e-retribusi di pasar Batusangkar bekerjasama dengan Bank Nagari diharapkan bisa mempermudah pemungutan bagi pedagang,
Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat meluncurkan pembayaran retribusi elektronik atau e-retribusi di Pasar Batusangkar daerah setempat dimulai hari ini Kamis, (4/2).

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tanah Datar, Darfizal di Batusangkar, Kamis, mengatakan e-retribusi tersebut diharapkan dapat memudahkan pembayaran bagi pedagang pasar.

"Hari ini kita telah meluncurkan e-retribusi di pasar Batusangkar bekerjasama dengan Bank Nagari diharapkan bisa mempermudah pemungutan bagi pedagang," katanya.

Ia mengatakan cara kerja e-retribusi tersebut mengganti cara lama yang dilakukan petugas pasar dalam mengutip pembayaran retribusi.

Jika sebelumnya pembayaran retribusi di pasar Batusangkar dilakukan secara manual dengan menggunakan kertas atau karcis, kini melalui e-retribusi pembayaran hanya menggunakan aplikasi.

Pembayaran melalui aplikasi e-retribusi tersebut akan tersistem otomatis atau masuk langsung ke kas daerah dan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Banyak keuntungan yang didapat melalui e-retribusi ini, selain memudahkan petugas juga bisa meningkatkan PAD daerah," katanya.

Ia mengatakan program e-retribusi ini berawal dari MoU antara Pemerinah Daerah Tanah Datar dan Direktur Utama Bank Nagari beberapa waktu lalu dan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama dengan Bank Nagari Cabang Batusangkar.

Beberapa yang ingin dicapai dari diluncurkannya program ini adalah untuk meningatkan PAD, mempercepat laporan keuangan daerah, melaksanakan fungsi pengawasan serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi anggaran daerah.

Pimpinan Bank Nagari Cabang Batusangkar, Oktra Firdaus mengatakan bahwa pihaknya akan mendukung penuh upaya pemerintah daerah dalam program digitalisasi percepatan pengingkatan PAD.

"Kami selalu mendukung program pemerintah daerah dalam meningkatkan PAD dan tata kelola pemerintahan yang baik di salah satunya dengan pelaksanaan e-retribusi pasar ini," katanya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar