PNS tetap menjadi profesi pilihan utama bagi sebagian masyarakat

id berita padang pariaman,berita sumbar,pns

PNS tetap menjadi profesi pilihan utama bagi sebagian masyarakat

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni menyerahkan SK CPNS di Parit Malintang, Senin (antarasumbar/HUMAS)

Dalam menjalankan tugas hendaknya seluruh CPNS ini memiliki komitmen jika kita ini adalah pelayan masyarakat,
Parit Malintang (ANTARA) - Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni menyerahkan 114 Surat Keputusan (SK) calon pegawai negri sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah setempat diantaranya terdiri dari perwakilan tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

"Kami mengucapkan selamat kepada CPNS yang baru saja menerima SK, kami menyadari bahwa kenyataan menunjukan sampai saat ini profesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) tetap menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat," kata dia di Parit Malintang, Senin.

Menurutnya, kondisi ini membuat persaingan menjadi pegawai negeri sipil semakin ketat.

Ia juga mengatakan dari 3.873 yang mendaftar hingga terpilih 114 orang telah melewati rangkaian proses penerimaan CPNS ini menandakan bahwa semua CPNS ini merupakan putra-putri terbaik yang telah ditetapkan menjadi calon pegawai negeri sipil yang siap untuk menjalankan kewajiban sebagai pelayan publik.

"Dalam menjalankan tugas hendaknya seluruh CPNS ini memiliki komitmen jika kita ini adalah pelayan masyarakat, jangan ada satu orang masyarakat mengeluh terhadap pelayanan yang diberikan," ujarnya.

Oleh karenanya untuk menciptakan kenyamanan tersebut hendaknya para ASN baru semakin meningkatkan pengetahuan, wawasan, kepribadian, dan etika karena suatu keberhasilan sangat tergantung pada kemauan dan kemampuan untuk mengoptimalkan tugas yang diberikan.

Ia berharap agar para CPNS dapat meningkatkan dan menunjukan kualitas diri karena sejatinya seorang pegawai negeri sipil adalah seorang yang kepuasan kerjanya tidak ditentukan oleh besarnya gaji yang diterima tetapi ditentukan oleh tingginya kepuasan dan kesejahteraan masyarakat yang dilayani.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat, Armeyn Rangkuti mengatakan sepanjang proses pengangkatan CPNS, formasi 2019 yang paling lama karena terhalang oleh pandemi COVID-19.

Ia menjelaskan jumlah pelamar yang mendaftar pada CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 3.876 orang.

Dengan jumlah yang lulus admnistrasi sebanyak 3.201 orang, jumlah pelamar yang lulus seleksi kemampuan dasar sebanyak 308 dan yang lulus seleksi kemampuan bidang sebanyak 114 orang.

Ia menyebutkan dari 114 orang CPNS tersebut dibagi atas tenaga kesehatan pada puskesmas di Dinas Kesehatan sebanyak 50 orang, tenaga kesehatan pada RSUD Padang Pariaman sebanyak 19 orang.

Kemudian tenaga teknis pada kantor camat sebanyak lima orang serta tenaga teknis pada badan, dan kantor lainnya sebanyak 40 orang.

"Seluruh CPNS diwajibkan untuk mengikuti masa percobaan selama satu tahun dan seluruh CPNS mulai bertugas pada 5 Januari pada formasi yang telah ditetapkan," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar