Peringati HUT Ke-49, KORPRI Padang Pariaman serahkan beasiswa berprestasi

id hut korpri

Peringati HUT Ke-49, KORPRI Padang Pariaman serahkan beasiswa berprestasi

Penyerahan beasiswa dalam rangka HUT Korpri ke-49 di Kabupaten Padang Pariaman. (ANTARA/Humas)

Parit Malintang (ANTARA) - Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Padang Pariaman menyerahkan beasiswa prestasi bagi anak-anak anggota KORPRI di Lingkungan setempat dalam memperingati HUT Korpri ke-49.

Sekretaris Daerah setempat Jonpriadi, sebagai Ketua Dewan Pengurus Korpri Padang Pariaman di Parit Malintang, Selasa mengucapkan terima kasih pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) atas upaya dan inistiaf melakukan peningkatan jumlah penerima beasiswa.

"Korpri Padang Pariaman berusaha untuk mewujudkan amanat dari pendiriannya yaitu meningkatkan kesejahteraan, memberikan santunan dan memberikan penghargaan bagi anggotanya termasuk memberikan beasiswa berprestasi," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini sudah dilakukan beberapa kali dan merupakan program memotivasi dan meningkat prestasi anggota Korpri pada bidang pendidikan agar dapat menyelesaikan pendidikannya dengan baik.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada para orang tua yang telah memotivasi dan membimbing anak-anaknya dalam belajar yang merupakan cikal bakal penerus bangsa," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Korpri Armeyn Rangkuti mengatakan suatu kegiatan rutinitas dari Korpri salah satunya pemberian beasiswa berprestasi kepada anak-anak anggota Korpri sesuai dengan tingkatan pendidikannya.

"Kriteria penerima beasiswa ini yaitu bagi putra putri di bangku SD, SMP dan SMA diambil dari dua orang nilai tertinggi dan mahasiswa yang duduk di perguruan tinggi yang tidak lebih dari enam semester untuk diploma III dan tidak lebih dari delapan semester bagi strata I dan nilai yang diambil adalah nilai IPK besar dari 3,3," ujarnya.

Ia juga menambahkan jumlah bahan yang masuk sebanyak 84 orang dengan rincian gologan I sebanyak enam orang, golongan II 16 orang, golongan III sebanyak 46 orang dan golongan 4 sebanyak 17 orang.

Dengan jumlah penerimaan tingkat SD sebanyak Rp 350.000, tingkat SMP Rp 450.000, tingkat SMA Rp 650.000 dan untuk tingkat perguruan tinggi sebesar Rp 1.000.000.

Ketua Baznas Padang Pariaman Rahmat Sulaiman mengatakan Baznas Padang Pariaman diutus dan diamanatkan oleh pemimpin untuk memungut zakat dari muzakki dan menyalurkannya ke mustahik.

“Baznas sudah membentuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di berbagai macam vertikal hingga tingkat nagari," ujarnya.

Menurutnya, saat ini Baznas telah memiliki beberapa program yakninya Padang Pariaman takwa, Padang Pariaman cerdas, Padang Pariaman makmur dan Padang Pariaman peduli.

Dan saat ini Baznas setiap tahun bekerjasama dengan Korpri untuk menyalurkan beasiswa ini serta untuk memastikan semua zakat yang dikumpulkan tersalurkan pada orang yang tepat, ujarnya. (ril)