Dinilai bertindak zolim, Legislator minta Gubernur pecat ketua LPTQ Sumbar

id Syahrul Furqon,LPTQ Sumbar,berita sumbar,sumbar terkini,MTQ Nasional ke XXVIII 2020

Dinilai bertindak zolim, Legislator minta Gubernur pecat ketua LPTQ Sumbar

Sekretaris Komisi V DPRD Sumatera Barat Syahrul Furqon (tengah) saat melakukan peninjauan. (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Sekretaris Komisi V DPRD Sumatera Barat Syahrul Furqon meminta Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tegas menyikapi persoalan yang ada di Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) yang mencoret secara sepihak Yunia Safitri sebagai peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVIII 2020.

"Gubernur harus tegas karena diduga tindak semena-mena karena tidak meluluskan Yunia Safitri yang merupakan juara 1 MTQ tingkat Provinsi cabang tilawah remaja putri," kata dia di Padang, Rabu.

Menurut dia yang dilakukan LPTQ adalah hal yang serius dan ini tindakan zolim karena mencoret juara 1 MTQ Sumbar dan meluluskan juara 2.

"Diduga pelatih ini menginginkan muridnya yang lolos sebagai peserta. Ini kan tidak benar," kata dia.

Ia mengatakan dalam melakukan penjaringan khafilah sebaiknya menggunakan pelatih independen sehingga yang berhasil lolos adalah yang terbaik bukan karena ada ikatan kekerabatan atau lainnya.

"Saya meminta Ketua LPTQ ini dipecat karena tidak becus dalam menjalankan tugas," kata dia

Ia mengatakan banyak persoalan yang terjadi di LPTQ ini apalagi pergelaran MTQ Nasional akan digelar di Sumbar pada November mendatang dan Sumbar menjadi tuan rumah

"Ini kan jadi tau setelah ada yang melapor dan yang tidak melapor juga banyak," kata dia.

Sebelumnya kafilah cabang tilawatil remaja puteri Yunia Safitri dari Kabupaten Dharmasraya tersingkir secara mendadak dari daftar peserta MTQ Nasional ke XXVIII 2020 dan tidak dipanggil mengikuti pemusatan latihan tahap kedua.

Yunia Safitri merupakan juara 1 MTQ Sumatera Barat tahun 2019 cabang tilawah remaja putri.

Menurut informasi sebelumnya, yang akan dikirimkan ke tingkat Nasional adalah yang ada namanya dalam daftar TC tahap 2 yaitu tanggal 2 sampai 9 Oktober 2020. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar