UNP lakukan MoU dengan BSANK untuk bekali lulusan FIK

id UNP,FIK,BSANK,standarisasi,sumbar kini

UNP lakukan MoU dengan BSANK untuk bekali lulusan FIK

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D tandatangani MoU dengan BSANK pada Selasa (13/10). (Antara/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) khususnya Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) meneken nota kesepahaman (MoU) bersama Badan Standardisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK) sekaligus sosialisasi pembentukan lembaga sertifikasi yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa (13/10).

Rektor Prof. Genefri, Ph.D. dalam sambutannya mengatakan bahwa walaupun BSANK sudah ada sejak tahun 2015 tapi setelah lima tahun baru ada MoU dengan UNP, saya kira tidak ada istilah kata terlambat yang jelas ini adalah sebuah usaha bagi kita untuk membakali lulusan-lulusan dari FIK khususnya dan juga teman-teman civitas akademika di FIK terkait dengan standarisasi dan kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan FIK sendiri.

Ia mengatakan bahwa di era globalisasi ini disamping dituntut mnguasai kompentensi sesuai dengan persyaratan minimal dari seorang lulusan FIK, mereka juga dituntut untuk bisa memiliki keterampilan tambahan.

“Kompetensi itu saya kira yang berbicara di era globalisasi ini adalah skill. Pergeseran-pergeseran di era kemajuan teknologi industri saat ini memang telah menggeser beberapa lapangan pekerjaan yang dulu dibutuhkan namun hari mungkin sudah tidak diperlukan lagi dan kita melihat banyak muncul jenis pekerjaan baru dan skill yang dituntut untuk dikuasai oleh para lulusan tersebut,” tuturnya.

Oleh sebab itu tambahnya, MoU kali ini dengan BSANK semoga FIK sendiri mempunyai lembaga sertifikasi profesi yang bisa menstandarisasi dari setiap kegiatan cabang olahraga yang ada minimal di sumbar ini.

“Kami yakin tentu ini juga berdampak pada lulusan FIK karena salah satu indikator utama dari lulusan universitas adalah seberapa banyak lulusan yang dihasilkan oleh sebuah institusi pendidikan tinggi itu memiliki sertifikasi kompetensi yang mana di UNP sendiri menjadi salah satu standar indikator untuk menilai keberhasilan atau prestasi dari sebuah fakultas,” jelasnya.

Kemudian menurutnya dengan kerjasama tersebut bisa menjadi langkah strategis yang dilakukan FIK dalam rangka membekali lulusannya nanti dengan skil yang sudah terstandarisasi oleh BSANK.

“Mudah-mudahan ini bukan hanya sekedar MoU tapi tentu ditindaklanjuti dengan implementasi dari pada perjanjian kerjasama yang hari ini juga diandatangani oleh dekan FIK dengan BSANK, kami harap akan mendapatkan informasi keberlanjutan daripada kerjasama ini,” harapnya.

Sementara itu Ketua BSANK Prof. Hari Amirullah Rachman, M.Pd mengatakan bahwa salah satu tugas dari BSANK adalah melaksanakan penjaminan mutu dalam pembinaan keolahragaan.

Oleh karena itu ia meminta dukungan dari pihak UNP untuk mendukung keberlanjutan kerjasama tersebut.

“Kami mohon dukungan dari Rector UNP dan Dekan FIK untuk keberlanjutan kerjasama kita karena memang ini sangat penting terutama berkaitan dengan sertfikat kompetensi pendamping ijazah karena sebetulnya sertifikat kompetensi pendamping ijazah ini merupakan amanat dari UU Nomor 14 Tahun 2020 tentang pendidikan nasional,” ungkapnya.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar