FIK UNP perkuat alumni menghadapi lingkungan kerja dengan menggaet BSANK

id UNP,FIK,BSANK,olahraga

FIK UNP perkuat alumni menghadapi lingkungan kerja dengan menggaet BSANK

Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP) Dr. Umar, MS., AIFO. (antarasumbar/Istimewa)

Padang (ANTARA) - Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP) akan Sertifikasi Profesi mahasiswa dengan Badan Standardisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK) yang merupakan salah satu bentuk kepeduliaan terhadap alumni dalam menghadapi dunia kerja.

“Tujuannya dari sertifikasi profesi ini untuk melengkapi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) untuk wisuda nanti. Dengan adanya sertfikasi profesi ini, di harapkan nantinya dapat memudahkan alumni dalam melamar berbagai pekerjaan. Terutama sebagai pelatih maupun konsultan olahraga”, jelas Wakil Dekan I FIK UNP Dr. Umar.

FIK UNP akan merencanakan akan mendaftarkan lima cabang olahraga ke BSANK untuk sertifikasi. Mulai dari sepak bola, atletik, bola basket, bulu tangkis, sampai dengan renang. Akan tetapi, ini belum bersifat mutlak karena masih dapat ditambah atau diganti. Pertimbangannya ialah cabang olahraga yang lebih umum dengan tingkat peminat yang lebih tinggi, katanya baru-baru ini.

Sementara itu, pihak BSANK akan mengadakan semacam pelatihan dan tes yang apabila lulus, para alumni mendapatkan sertifikat dari sini. Mengingat untuk pelatihan tidak cukup memanfaatkan ijazah saja, tetapi juga harus melampirkan kompetensi lain.

Ketua Umum BSANK mencatat lima perguruan tinggi yang fakultas olahraganya sudah menjalin kerja sama. Sebelum lahirnya BSANK, ada pula yang dinamakan dengan Lembaga Pendidikan Pelatih Olahraga (LANKOR) dengan menitikberatkan kepada pelatihan. Berbeda dengan BSANK yang bisa meliputi guru penjas, pelatih, termasuk juga mahasiswa ilmu kesehatan olahraga.

Diharapkan seluruh alumni dari FIK UNP memiliki sertifikat BSANK sehingga mendukung untuk bekerja dalam masyarakat.

“Terhadap mahasiswa diharapkan serius mengikuti ini karena untuk kepentingan mereka juga. Sangat menguntungkan dan memudahkan dalam mencari lapangan pekerjaan. Kalau perlu, dengan adanya sertifikat penguat dapat membuka lapangan kerja sendiri”, ujarnya.

Tepatnya di hari Selasa (13/10) akan dilaksanakannya webinar melalui zoom meeting dan siaran langsung di akun Youtube UNP Video Streaming. Kegiatan ini merupakan tahap awal menyosialisasikan pembentukan lembaga sertifikat profesi dengan BSANK tersebut.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar