Dharmasraya-Balai bahasa gelar forum diskusi dengan media massa

id Balai bahasa, bhs indonesia, dharmasaraya

Dharmasraya-Balai bahasa gelar forum diskusi dengan media massa

Pembukaan forum diskusi Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat.  (Antara/ilka jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar kegiatan pengawasan dan Pengendalian penggunaan bahasa media massa dalam rangka menyarankan bulan bahasa tingkat nasional.

Kepala Balai Bahasa Sumatera Barat Aminulatif, di Pulau Punjung, Rabu, mengatakan, kegiatan tersebut disiarkan langsung secara nasional melalui aplikasi zoom sebagai rangkaian acara sebulan penuh memeriahkan bulan bahasa tingkat nasional.

Ia mengatakan kegiatan tersebut digelar semacam forum diskusi yang ddiikuti oleh puluhan wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik, serta pegawai pengelola media massa pemerintah di lingkup Pemkab Dharmasraya.

Menurut dia forum diskusi banyak membahas kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyampaikan informasi melalui media massa.

Sehingga diharapkan, lanjut dia media massa dapat mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah kebahasaan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman penggunaan bahasa di dalam masyarakat.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, apresiasi dan terimakasih kepada Balai Bahasa yang sudah melaksanakan kegiatan ini di Dharmasraya bahkan disiarkan langsung secara nasional.

Menurut dia kegiatan itu sangat bermanfaat baik bagi wartawan maupun pengelola media massa yang ada di instansi pemerintah.

"Karena sebagai penyampai informasi, tentulah kita diharapkan dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar, agar informasi tersampaikan dengan baik," ujar dia.

Ia berpesan kepada seluruh peserta untuk memanfatkan dengan baik forum diskusi, agar ke depan setiap informasi yang disampaikan memenuhi kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.