Kerjasama XL Axiata -- Askompsi peduli pendidikan, bantuan paket data internet gratis

id XL, Axiata,askompsi, paket gratis, PJJ,Covid,sumbar terkini

Kerjasama XL Axiata -- Askompsi peduli pendidikan, bantuan paket data internet gratis

Penyerahan paket kuata data internet gratis atas kerjasama Axiata-Askompsi melalui Dinas Pendidikan Sumbar ke siswa Ar-Risalah Padang, diterima secara simbolis oleh Azzahra Auliafitri Raelka kelas 12 IPA sebagai mewakili pelajar lainnya. (Istimewa)

Padang (ANTARA) - PT. XL Axiata, Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) memberikan paket internet gratis khusus bagi pelajar di berbagai provinsi, sebagai bentuk kepedulian dan mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa pandemi COVID-19.

Di Sumatera Barat, XL Axiata kembali menyerahkan bantuan yang disalurkan berupa 1.956 paket internet gratis untuk para pelajar di Yayasan Wakaf Ar-Risalah, Jalan Air Dingin, Kelurahan Balai Gadang, Koto Tengah, Padang, pada Selasa (8/9).

Penyerahan disaksikan oleh pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, dan Dewan Pembina Asosiasi Diskominfo Provinsi se-Indonesia, juga mantan Kadis Kominfo Provinsi Sumbar Ir. Yeflin Luandri, M.Si, Ketua Umum Yayasan Wakaf Ar-Risalah H. Arwim Al Ibrahimi, Lc., MA. dan Head of Sales XL Axiata Sumbar - Jambi Trisna Gunawan.

Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi mengatakan, XL Axiata senantiasa berkomitmen untuk ikut serta berpartisipasi dalam mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

"Kami merasa bertanggung jawab membantu meringankan beban masyarakat yang terus berusaha agar anak-anaknya tetap bisa belajar. Selain itu, kerja sama XL Axiata dan Askompsi merupakan implementasi kedua pihak mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan proses belajar dan mengajar secara online selama pandemi COVID-19 masih berlangsung," katanya.

Desy menambahkan, proses pembelajaran jarak jauh memang memerlukan terobosan dengan memanfaatkan layanan internet dan teknologi digital. Namun, untuk melaksanakannya, muncul kendala terkait dengan kemampuan masyarakat dalam menyediakan sarana smartphone, membeli paket kuota data, serta kualitas jaringan atau sinyal dari operator yang belum sepenuhnya menjangkau setiap area.

Program kerja sama XL Axiata – Askompsi ini diharapkan bisa memperingan beban sebagian pelajar dan orang tuanya dalam mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ.

Para pelajar Yayasan Wakaf Ar-Risalah yang mendapatkan bantuan ini terdiri 689 orang tingkat Madrasah Aliyah dan 1.267 orang tingkat SLTP. Paket bantuan berupa kartu sim AXIS yang masing-masing di dalamnya dibekali kuota data 30 GB yang bisa dipakai selama dua bulan yang sudah bisa mulai dipergunakan per 2 September 2020.

Mekanisme penyaluran ke setiap siswa akan dilakukan oleh Kepala Sekolah dengan cara berkoodinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi.

Ketua Umum Yayasan Wakaf Ar-Risalah H. Arwim Al Ibrahimi, Lc., MA. mengatakan senang dengan bantuan yang diberikan XL Axiata sehingga bisa digunakan untuk proses belajar dan mengajar bagi pelajar, ustad dan ustazah.

"Terima kasih atas bantuan kartu paket internetnya, semoga menjadi amal ibadah yang diberikahi Allah SWT,” ungkap Arwim.

Head of Sales XL Axiata Sumbar - Jambi Trisna Gunawan menjelaskan bahwa kuota data 30GB yang diterima para siswa tersebut bisa dipakai untuk mengakses layanan Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom dan juga Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu.

Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.
Pengarahan dari Disdik Sumbar dan pihak Yayasan sebelum penyerahan paket kuata data internet gratis atas kerjasama Axiata-Askompsi melalui Dinas Pendidikan Sumbar ke siswa Ar-Risalah Padang, diterima secara simbolis oleh Azzahra Auliafitri Raelka kelas 12 IPA sebagai mewakili pelajar lainnya. (Istimewa)
Paket kuota data gratis 30GB

Masih dalam rangka melanjutkan komitmen untuk terus mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Indonesia dan mengatasi persoalan terkait akses internet yang dihadapi masyarakat, XL Axiata melalui kartu AXIS, juga baru saja meluncurkan program khusus berupa paket internet gratis bagi pelajar dan mahasiswa.

Program ini berupa paket internet khusus yang memungkinkan para pelajar dan mahasiswa mendapatkan kuota data gratis sebesar 30GB yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang paling sering digunakan di PJJ.

Program ini berlaku selama dua bulan. Sama dengan program dukungan untuk PJJ lain, program khusus ini juga memberikan gratis akses internet untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang juga biasa dipakai guru mengirimkan materi atau bahan pelajaran, serta mengirimkan tugas.

Jenis aplikasi-aplikasi tersebut juga sama, yaitu antara lain Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom. Selain itu juga juga bisa untuk akses Udemy, Ruang Guru, Zenius, Sekolahmu, serta akses ke Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.
Pengarahan dari Disdik Sumbar dan pihak Yayasan sebelum penyerahan paket kuata data internet gratis atas kerjasama Axiata-Askompsi melalui Dinas Pendidikan Sumbar ke siswa Ar-Risalah Padang, diterima secara simbolis oleh Azzahra Auliafitri Raelka kelas 12 IPA sebagai mewakili pelajar lainnya. (Istimewa)