FIP UNP ulas peran psikologi pada era kelaziman melalui webinar

id FIP UNP,dampak psikologi, pandemi covid

FIP UNP ulas peran psikologi pada era kelaziman melalui webinar

Suasana webiner digelar Jurusan Psikologi FIP UNP (Ist)

Padang (ANTARA) - Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) mengulas peran psikologi pada era kalaziman melalui webiner, karena perkembangan penyebaran COVID-19 telah menjadi isu yang penting sepanjang 2020 ini, seperti banyak pemberitaan di media mainstream dan media sosial yang membahas fenomena pandemi sampai saat ini.

Terkait ada banyak peristiwa yang menjadi viral selama pandemi ini baik dalam hal yang positif seperti upaya masyarakat saling mendukung untuk membantu tetangga yang positif COVID-19 dan ada pula isu yang kurang menyenangkan seperti penolakan warga untuk pemakaman pasien positif.

Apalagi saat ini dunia mengalami situasi yang tidak pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Kondisi ini mendorong masyarakat mengalami perubahan perilaku dengan sesuatu yang baru atau jarang dilakukan sebelumnya seperti menaati protokol kesehatan dan penggunaan media digital dalam banyak aktivitas, seperti dirilis Humas disitus resmi UNP.

Perubahan perilaku pada masyarakat adalah satu bahan kajian dalam psikologi yang mempelajari perilaku dan proses mental. Peran keilmuan psikologi selama pandemi masih jarang menjadi perhatian masyarakat.

Untuk itu, jurusan psikologi FIP UNP mengadakan Seminar Nasional dengan tema ‘Perspektif dan Peran Psikologi pada Era Kelaziman Baru’ yang diadakan pada tanggal 5 September 2020.

Seminar ini akan memaparkan peran psikologi tersebut dalam banyak perspektif oleh sejumlah narasumber nasional, yaitu Vivi Amalia, M.Psi., Psikolog (dosen Psikologi Universitas Andalas) yang membahas tentang Perubahan Kebiasaan di Era Kelaziman Baru.

Kemudian Dosen Psikologi Universitas Indonesia Dr. Joevarian Hudiana, M.Si. yang membahas respon terhadap ketidakpastian dan persepsi terhadap norma kolektif.

Pembahasan dilanjutkan oleh Dosen Psikologi Universitas Negeri Padang Bapak Mardianto, S. Ag., M.Si, yang membahas tentang cyber psychology: Harapan dan Tantangan di era kelaziman baru.

Pemateri berikutnya Niken Hartati, S.Psi., MA, yang membahas tentang kiat dan metode penelitian yang efektif dalam era kelaziman baru.

Materi terakhir disampaikan oleh Ibu Diana Setiyawati, MHSc., Ph.D. (Ketua Center For Public Mental Health Psikologi UGM) yang membahas tentang peran psikologi dalam membangun ketahanan keluarga sebagai backbone kesejahteraan psikologis di masa normal baru.

Acara ini dimulai dengan laporan kegiatan oleh Ketua Panitia Zulian Fikry S.Psi., MA. dan sambutan dari Ketua Jurusan Psikologi FIP UNP Dr. Farah Aulia, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Acara secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Hadiyanto, M.Ed. mewakili Dekan FIP UNP.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 dan diikuti oleh sekitar 500 orang melalui aplikasi zoom dan sekitar 4000 peserta mengikutinya melalui channel youtube Jurusan Psikologi FIP UNP.

Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan dari Indonesia Timur seperti dari Sulawesi Tenggara. Masyarakat yang belum berkesempatan untuk menyaksikan seminar tersebut pada tanggal 5 September 2020 yang lalu dapat menyaksikan kembali secara utuh di channel youtube di atas.

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar