Bersama Bank Nagari, Pemda Tanah Datar akan terapkan e-retribusi di pasar Batusangkar

id berita tanah datar,berita sumbar,bank nagari

Bersama Bank Nagari, Pemda Tanah Datar akan terapkan e-retribusi di pasar Batusangkar

Pasar Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. (Antarasumbar/Etri Saputra)

Penerapan tersebut sudah dilakukan sosialisasi ke para pedagang pasar setidaknya sudah ada 535 pedagang yang bersedia mengikutinya,
Batusangkar (ANTARA) - Bank Negari cabang Batusangkar dan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat akan menerapkan sistem pemungutan retribusi pasar secara digital atau e-retribusi di Pasar Batusangkar.

"Penerapan tersebut sudah dilakukan sosialisasi ke para pedagang pasar setidaknya sudah ada 535 pedagang yang bersedia mengikutinya," kata Kepala Bank Nagari Cabang Batusangkar, Oktra Firdaus di Batusangkar Kamis.

Ia menjelaskan melalui e-retribusi itu seluruh pedagang pasar di Batusangkar baik itu pedagang harian, bulanan, dan tahunan bisa membayar retribusinya hanya lewat aplikasi saja atau alat khusus untuk pembayaran e-retribusi pasar.

"Pembayaran e-retribusi tersebut juga terdata langsung ke Dinas Kominfo sehingga bisa menutupi kebocoran dan meningkatkan PAD daerah," tambahnya.

Ia mengaku peluncuran e-retribusi pasar tersebut direncanakan diperkenalkan oleh pemerintah daerah setempat pada bulan Agustus 2020 namun tertunda akibat Covid-19.
Pasar Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. (Antarasumbar/Etri Saputra)


"Persiapan sudah, sosialisasi juga sudah tinggal penandatanganan kerjasama atau MoU dengan pemerintah daerah. Dalam waktu dekat ini kita ada pertemuan di Padang dengan pemerintah daerah dan insyaallah bisa segera kita luncurkan," ungkapnya.

Sebelumnya Bank Nagari cabang Batusangkar juga mendorong pelaku usaha dan nasabah di daerah itu dengan cara pembayaran non tunai.

Setidaknya sudah ada lebih kurang 75 merchant atau mitra usaha Bank Nagari yang mulai menggunakan sistem pembayaran non tunai dengan cara menggunan kode Qr Code.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanah Datar, Darfizal mengatakan penerapan e-retribusi di pasar Batusangkar dihadapkan bisa mempermudah pedagang dalam membayar retribusi di pasar itu.

Selain itu penerapan e-retribusi juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan ke masyarakat agar lebih efektif, efisien dan transparan.

"E-retribusi ini diharapkan mempermudah pedagang dalam membayar retribusi sehingga tidak ada lagi pedagangan yang menunggak," katanya.