PT Semen Padang-Adhi Karya bangun tol Trans Sumatera ruas Sigli-Banda Aceh

id berita padang,berita sumbar,pr semen padang,jalan tol

PT Semen Padang-Adhi Karya bangun tol Trans Sumatera ruas Sigli-Banda Aceh

​​​​​​​Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan tol ruas Banda Aceh- Sigli seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang di Aceh, Besar, Aceh, Jumat (21/2/2020). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/ama)

Alhamdulilah, kami bersyukur produk Semen Padang terus mendapat kepercayaan untuk pembangunan proyek strategis,
Padang (ANTARA) - PT Semen Padang bersinergi dengan PT Adhi Karya mendapatkan kepercayaan dalam pembangunan proyek strategis nasional yaitu pembangunan jalan Tol Trans Sumatera Ruas Sigli - Banda Aceh sepanjang 74,2 kilometer.

“Alhamdulilah, kami bersyukur produk Semen Padang terus mendapat kepercayaan untuk pembangunan proyek strategis. Tol Trans Sumatera Ruas Sigli - Banda Aceh mulai dibangun sejak Mei 2019 hingga saat ini sudah sebanyak 165 ribu ton produk Semen Padang terpakai,” ujar Direktur Utama PT Semen Padang, Yosviandri di Padang, Jumat.

Hingga saat ini pembangunan jalan Tol Sigli - Banda Aceh itu baru selesai pada seksi 4 ruas Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer yang digarap oleh PT Adhi Karya.

Saat ini realisasi pembangunan proyek jalan tol pertama di provinsi paling Barat Indonesia itu secara keseluruhan sudah mencapai 46,8 persen.

Proyek ini memiliki 6 seksi, yaitu seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 24,3 kilometer, seksi 2 Seulimeum-Janthosepanjang 7,6 kilometer, seksi 3 Jantho-Indrapuri sepanjang 16 kilometer.

Lalu seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer, seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro sepanjang 7,7 kilometer dan seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam sepanjang 5 kilometer.

Saat ini seksi 4 telah diuji laik dan total realisasi pekerjaan mencapai 100 persen selesai. Uji laik untuk seksi 4 telah dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) dan dinyatakan lulus secara teknis, administratif dan sistem operasi tol.

Yosviandri menyebut dalam pengerjaan proyek jalan Tol Trans Sumatera ruas Sigli - Banda Aceh itu, PT Semen Padang bekerja sama dengan ADHI dan PT Adhi Persada Beton yang merupakan anak usaha dari ADHI berupa pasokan semen untuk proyek jalan Tol Sigli - Banda Aceh.

Secara terpisah Unit of State Owned Enterprise (SOE) Officer Semen Indonesia Grup Awaluddin menambahkan semen yang dipasok untuk proyek pembangunan jalan Tol Trans Sumatera Ruas Sigli - Banda Aceh tipe ultrapro curah yang dikirim PT Semen Padang ke lokasi proyek melalui packing plant Semen Padang di Malahayati, Aceh.

Selain proyek jalan Tol Trans Sumatera Ruas Sigli - Banda Aceh, produk PT Semen Padang juga dipercaya dalam membangun beberapa jalan tol yang juga bagian dari proyek strategis nasional, seperti jalan Tol Padang - Pekanbaru yang pengerjaannya dimulai dari seksi 6 Pekanbaru -Bangkinang.

"Untuk seksi 6 Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 38 kilometer Semen Padang bekerja sama dengan PT Wijaya Karya Beton.

Proyek ini dimulai sejak Desember 2019 dan sampai saat ini, Semen Padang sudah mendistribusikan semen sebanyak 10 ribu ton untuk membangun jalan tol sesi 6 Pekanbaru - Bangkinang," ujarnya.