Politeknik ATI Padang luncurkan program studi baru Diploma IV teknologi rekayasa bioproses energi terbarukan

id ATI Padang, rekayasa bioproses, potensi energi,Beasiswa, mahasiwa

Politeknik ATI Padang luncurkan program studi baru Diploma IV teknologi rekayasa bioproses energi terbarukan

Ilustrasi- Politeknik ATI Padang luncurkan Prodi Baru (Ist)

Padang (ANTARA) - Politeknik ATI Padang luncurkan program studi baru Diploma IV Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan

Energi Terbarukan yang merupakan salah satu sumber energi yang tengah dikembangkan secara masif di Indonesia, tidak saja karena sumber energinya mudah ditemukan di Indonesia tetapi juga karena potensi bahan baku yang beraneka ragam, karenanya Politeknik ATI Padang meluncurkan program studi baru teknologi rekayasa Bioproses..

Energi terbarukan adalah upaya untuk mengatasi semakin menipisnya ketersediaan sumber energi fosil, terungkap dalam webiner, Rabu.

Pengembangan energi terbarukan ini harus dilakukan karena dengan hanya mengandalkan bahan bakar fosil (batu

bara, minyak dan gas) sebagai sumber energi sudah tidak bisa dilakukan.

Saat ini energi terbarukan menjadi isu besar yang berpotensi mengubah peta geopolitik energi dunia.

Kemajuan teknologi dan penurunan biaya teknologi membuat energi terbarukan tumbuh lebih cepat daripada sumber energi lainnya.

Bahkan, beberapa teknologi energi terbarukan, seperti biodiesel atau bioethanol, sudah kompetitif disektor penggunaan sebagai bahan bakar.

Terlebih, daya saing tersebut belum memperhitungkan kontribusi energi terbarukan dalam mengurangi polusi udara dan mencegah dampak perubahan iklim.

Melalui Webinar Series#6 yang diselenggarakan, pada hari Rabu, 5 Agustus 2020, Politeknik ATI Padang sebagai perguruan tinggi vokasi di bawah Kementerian Perindustrian

berkomitmen mengembangkan keilmuan energi terbarukan dengan membuka program studi Diploma IV yaitu Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan.

Peluncuran program studi ini langsung dilakukan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian, Eko S.A. Cahyanto.

Harapan beliau, program studi ini akan menghasilkan tenaga kerja yang kompeten bisa langsung diserap oleh industri. Sehingga industri lebih berkembang ke berbagai pelosok

Indonesia dengan memanfaatkan energi terbarukan dalam menjalankan proses produksinya.

Webinar ini juga diisi oleh narasumber dari organisasi dan industri yang peduli dengan pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia, yaitu Direktur Eksekutif Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia Paul Butar-Butar, Direktur PT. Energi Agro Nusantara Ir. Izmirta Rachman, dan Section Head Biodiesel PT. Smart TBK Bobby Nugroho.

Paparan dan diskusi dalam webinar ini memberikan pencerahan yang luar biasa tentang ketersediaan bahan baku yang melimpah dan cara pengolahannya menjadi energi terbarukan, sehingga menjadi sumber energi baru dan bahkan menjadi ladang usaha baru yang menjanjikan.

Selanjutnya, bagi calon mahasiswa yang masih bingung dalam memilih arah masa depannya, mari bergabung dengan program Diploma IV Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan di Politeknik ATI Padang.

Pendaftaran mahasiswa dapat dilakukan melalui www.jarvis.poltekatipdg.ac.id sampai dengan 24 Agustus 2020. Industri yang memanfaatkan dan bergerak dibidang energi terbarukan ini akan semakin berkembang dan akan membutuhkan tenaga kerja kompeten.

Jumlah mahasiswa untuk angkatan pertama ini akan ada peluang mendapatkan baesiswa.

Ayo, Dunia Industri Memanggil Anda !!!
Ilustrasi- Politeknik ATI Padang luncurkan Prodi Baru (Ist)