Khawatir COVID-19, Nadal putuskan tak mempertahankan gelar US Open

id Tenis ,US Open, Rafael Nadal

Khawatir COVID-19, Nadal putuskan tak mempertahankan gelar US Open

Petenis Spanyol Rafael Nadal saat beraksi pada Mexican Open di Princess Acapulco Stadium, Acapulco, Meksiko, pada 29 Februari 2020. (REUTERS/Carlos Perez Gallardo)

Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor dua dunia Rafael Nadal pada Selasa waktu setempat memastikan tidak akan mempertahankan gelar turnamen itu tahun ini di Flushing Meadows.

Nadal mengikuti langkah petenis putri nomor satu dunia asal Australia Ashley Barty yang juga memutuskan tak mengikuti turnamen Grand Slam edisi Amerika itu karena sama-sama mengkhawatirkan COVID-19.

"Setelah banyak pertimbangan saya memutuskan tidak akan bermain pada US Open tahun ini," kata dia di Twitter seperti dikutip Reuters.

"Situasinya rumit sekali, kasus COVID-19 terus bertambah, sepertinya kita masih belum bisa mengendalikan hal ini," sambung dia."Ini adalah keputusan yang tak pernah saya inginkan tetapi kali ini saya memutuskan dengan mengikuti kata hati saya dan untuk saat ini saya lebih baik tak bepergian."

Madrid Open yang sedianya diadakan pada 12-20 September sudah dibatalkan Selasa karena naiknya jumlah kasus COVID-19 di ibu kota Spanyol itu.

Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic, runner up US Open tahun lalu Daniil Medvedev dan sepuluh petenis top lainnya termasuk Dominic Thiem, Stefanos Tsitsipas dan Alexander Zverev menyatakan akan mengikuti US Open 2020 ini.

Namun Roger Federer dari Swiss yang lima kali menjuarai US Open akan absen karena tengah menjalani pemulihan setelah operasi lutut Juni lalu.

Sembilan dari 10 petenis putri teratas termasuk juara Grand Slam 23 kali Serena Williams dan juara bertahan Bianca Andreescu, akan mengikuti turnamen ini, demikian pula dengan juara edisi 2018, Naomi Osaka.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar