Ini destinasi wisata di Sumbar yang akan dibuka dengan pengawasan, setelah ditutup sejak PSBB

id berita padang,berita sumbar,destinasi wisata, akan dibuka,PSBB,covid-19,irwan pranyitno,gubernur sumbar,pariwisata

Ini destinasi wisata di Sumbar yang akan dibuka dengan pengawasan, setelah ditutup sejak PSBB

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakilnya, Nasrul Abit. (antarasumbar/Istimewa)

Secara bertahap kita buka. Namun akan ada penyesuaian seperti adanya pengawasan dari tim gabungan TNI/Polri dan Satpol PP,
Padang (ANTARA) - Sejumlah destinasi wisata di Sumatera Barat (Sumbar) akan dibuka kembali untuk umum setelah ditutup sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan pada 22 April 2020.

"Secara bertahap kita buka. Namun akan ada penyesuaian seperti adanya pengawasan dari tim gabungan TNI/Polri dan Satpol PP," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Jumat.

Destinasi yang kemungkinan akan dibuka yakni, Pantai Padang, panorama Kota Wisata Bukittinggi, objek wisata Jam Gadang Bukittinggi dan beberapa objek pantai lainnya di Padang.

Itu destinasi yang akan dibuka pada tahap awal, selanjutnya menyusul objek yang lain seperti Pantai Air Manis Padang, tambahnya.

Kebijakan itu diambil setelah melihat kondisi destinasi wisata yang mulai ramai dikunjungi masyarakat sejak lebaran 1441 Hijriah, meskipun sebenarnya destinasi masih tutup.

"Dari pada kita biarkan masyarakat berwisata tanpa mengindahkan protokol kesehatan, lebih baik kita buka saja destinasi itu, tetapi di bawah pengawasan petugas," ujarnya.

Jadi mesyarakat bisa mengunjungi destinasi wisata, tetapi tidak bisa berkumpul berdesakan seperti sebelum pandemi. Juga tidak ada alasan tidak menggunakan masker.

Irwan menyebutkan kedisiplinan itu yang perlu ditegakkan dengan tegas agar tidak ada yang berani melanggar sehingga lambat laun menjalankan protokol kesehatan terkait COVID-19 akan menjadi kebiasaan.

Sebelumnya Kapolda Sumbar, Irjen. Pol. Toni Harmanto bersama Danrem 032/Wbr Kolonel Inf Arif gajah Mada menyatakan TNI/Polri akan mendukung kebijakan pemerintah dalam menjalankan tahapan "new normal". Dukungan personel dari dua lembaga itu mendekati 8 ribu orang.

Membludaknya tempat wisata usai lebaran sudah diprediksi sejak awal karena kebiasaan pemudik saat pulang kampung adalah menikmati tempat-tempat wisata di Sumbar sebelum balik lagi ke perantauan.

Meski selama PSBB jumlah perantau yang bisa masuk Sumbar dibatasi, namun sebelum kebijakan itu tercatat 120 ribu orang sudah masuk ke provinsi tersebut.

Prediksi itu terbukti benar. Satu hari pascalebaran Pantai Padang yang merupakan ikon wisata kota Padang, ramai dikunjungi wisatawan lokal. Sebagian tidak lagi mengindahkan imbauan pemerintah untuk menggunakan masker.***1***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar