Polres Agam kerahkan 100 personel amankan Lebaran

id Polres Agam,shalat idul fitri,lebaran

Polres Agam kerahkan 100 personel amankan Lebaran

Personel Polres Agam melakukan patroli wilayah, Sabtu (23/5). (ANTARA/ Yusrizal)

​​​​​​​Lubukbasung, (ANTARA) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat mengerahkan 100 personel untuk melakukan patroli wilayah dalam mengantisipasi terjadinya kerawanan kamtibmas saat malam takbiran dan menjelang Idul Fiti 1441 Hijriyah.

Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan para personel itu dibagi empat tim, yakni Tim satu melakukan patroli ke Tanjungraya, tim dua ke Tanjungmutiara, tim tiga ke Ampeknagari dan Palembayan, tim empat di pusat kota.

"Satu tim dengan jumlah anggota 25 personel," katanya saat melepas tim melakukan patroli.

Sasaran patroli merupakan masyarakat yang melanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), akibat duduk di warung secara bersama-sama, pusat keramaian dan lainnya.

Selain itu, masyarakat yang melakukan takbir keliling, melakukan patroli ke masjid dan mushala untuk menanyakan apakah melaksakan Shalat Idul Fitri.

"Tim akan menanyakan setiap pengurus masjid dan mushala nantinya," katanya.

Apabila melaksanakan Shalat Idul Fitri, tambahnya, maka harus ada penetapan pejabat berwenang bahwa daerah tersebut merupakan daerah yang tidak sedang mewabahnya COVID-19, daerah tersebut telah ditutup akses pintu masuk atau keluarnya sehingga tidak memungkinkan bercampurnya orang yang sehat dan sakit.

Pengurus masjid juga menyediakan tempat cuci tangan atau sabun, tisu dan air mengalir. Jemaah membawa sejadah, mengatur jarak dan lainnya.

"Ini sesuai dsngan syarat pelaksanaan Shalat Idul Fitri dikeluarkan pemerintah yang sesuai dengan rekomendasi MUI," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar