Seorang pedagang Pasar Raya Padang asal Padang Pariaman positif COVID-19, setiap hari bolak-balik Padang-Padang Pariaman

id Zahirman,Pasien positif COVID-19 Padang Pariaman,berita Padang Pariaman,Padang Pariaman terkini,berita sumbar,sumbar terkini,Puskesmas Padang Sago ,Si

Seorang pedagang Pasar Raya Padang asal Padang Pariaman positif COVID-19, setiap hari bolak-balik Padang-Padang Pariaman

Ketua Tim Komunikasi Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Padang Pariaman Zahirman (kanan). (Antara Sumbar/Aadiaat M.S)

Parit Malintang, (ANTARA) - Seorang pedagang S (54) asal Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani uji swab di Laboratorium Fakultas Kedokteran UnandPadang.

"Yang bersangkutan merupakan pedagang Pasar Raya Padang, selama aktif berdagang dia bolak balik Padang-Padang Sago setiap hari," kata Ketua Tim Komunikasi Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Padang Pariaman Zahirman di Parit Malitang, Kamis.

Ia mengatakan S ditetapkan sebagai orang dalam pantauan (ODP) pada 2 Mei 2020. Lalu 11 Mei yang bersangkutan menjalani pemeriksaan tes cepat dengan hasil positif.

Kemudian, lanjutnya Tim Kesehatan Gugus Tugas COVID-19 melakukan uji swab pada 12 Mei dan hasilnya keluar tadi dengan hasil positif.

"Namun selama ditetapkan ODP yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat petugas," katanya.

Ia menyampaikan pascaditetapkannya S sebagai PDP, Tim Kesehatan Gugus Tugas COVID-19 Padang Pariaman langsung mengisolasi yang bersangkutan ke Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumbar.

Tim Kesehatan Gugus Tugas COVID-19 bersama Puskesmas Padang Sago telah melakukan pelacakan seluruh orang yang kontak langsung dengan S dan menyuruhnya melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Rencananya orang yang kontak dengan S akan diambil swab," ujarnya.

Ia menyebutkan dengan adanya penambahan tersebut maka jumlah positif COVID-19 di Padang Pariaman menjadi delapan orang dengan rincian tiga orang dirawat, dua orang menjalani isolasi, dua orang sembuh, dan satu meninggal.

Adapun lokasi penyebaran warga positif COVID-19 di Padang Pariaman yaitu Kecamatan Sintuk Toboh Gadang dua orang dengan kondisi sembuh, lalu di Kecamatan Batang Anai empat orang dengan kondisi satu meninggal, satu di Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, dan satu di Kecamatan Padang Sago.

Pihaknya meminta warga untuk mengurangi aktivitas di rumah serta rutin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, dan menerapkan jarak fisik dengan orang lain. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar