Yayasan Al-Aziz salurkan zakat 50 ton beras di Padang Pariaman

id Yayasan Al-Aziz,pandemi covid-19,padang pariaman

Yayasan Al-Aziz salurkan zakat 50 ton beras di Padang Pariaman

Ketua Yayasan Arisal Aziz Dedi Salim (kanan) menyerahkan beras kepada penerima zakat yang disalurkan di Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman, Selasa. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S.)

Parit Malintang (ANTARA) - Yayasan Al-Aziz atau Arisal Aziz menyalurkan 50 ton beras yang merupakan zakat dari donatur untuk warga miskin di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat guna mengurangi beban penerima dalam menjalani ibadah puasa dan Lebaran 2020 di tengah pandemi COVID-19.

"Penyalurannya telah dimulai semenjak Senin kemarin di Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman dan setelah ini akan dilanjut ke kecamatan lainnya," kata Ketua Yayasan Arisal Aziz, Dedi Salim saat menyalurkan zakat di Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Selasa.

Pendataan penerima bersamaan dengan penyaluran beras yaitu mengunjungi rumah dan melihat kondisi kehidupan warga yang menerima zakat tersebut agar penyalurannya tepat sasaran.

Beras yang disalurkan merupakan beras lokal yang setiap penerima mendapatkan 20 kilogram.

Selain di Kabupaten Padang Pariaman, Yayasan Al-Aziz juga menyalurkan zakat untuk warga Kota Padang dengan jumlah beras lima ton.

Ketua Dewan Pengawas Yayasan Arisal Aziz Amrizal Tanjung mengatakan tahun lalu yayasan juga menyalurkan zakat namun berupa uang yang diberikan di beberapa lokasi.

"Berdasarkan arahan dari Ketua Pembina Yayasan Arisal Aziz yaitu Arisal Aziz bahwa penyalurannya sekarang diubah yaitu berupa beras yang disalurkan langsung ke rumah penerima," katanya.

Ia menjelaskan alasan penyaluran berupa beras tersebut karena adanya pandemi COVID-19 sedangkan dengan penyaluran langsung ke rumah warga agar penyalurannya tepat sasaran.

"Dulu kami menggunakan tim pendata namun sekarang kami langsung ke rumah warga," ujarnya.

Sementara itu, Camat V Koto Kampuang Dalam Vemi Tulalo menyambut baik zakat beras yang disalurkan oleh Yayasan Arisal Aziz karena dapat membantu warga miskin di daerahnya dalam menghadapi masa sulit sekarang.

"Masa pandemi COVID-19 tentu sangat dirasakan oleh warga miskin, namun dengan zakat tersebut dapat membantu warga," ujar dia.

Ia mengatakan dengan adanya bantuan tersebut maka dapat menanggulangi warga yang tidak mendapat bantuan dari pemerintah.

"Oleh karena itu kami berharap usaha dari nonatur lancar sehingga dapat terus membantu warga miskin khusunya di V Koto Kampung Dalam," tambahnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar