Rute Solok Medan Terbaik Menurut ASO

id Rute Solok Medan Terbaik Menurut ASO

Rute Solok Medan Terbaik Menurut ASO

Ilustrasi. (Antara)

Arosuka, (Antara) - Rute yang ditempuh pada balap sepeda Tour de Singkarak 2013 di Kabupaten Solok, Sumatera Barat merupakan medan terbaik menurut penilaian Amaury Sport Organization (ASO) dari Prancis, kata pejabat setempat, Kamis.

"Jalur yang ada di Solok ini paling baik mengalahkan jalur yang terjal yakni kelok 44 di Kabupaten agam. Menurut penilaian ASO, jalur Solok yang terbaik dari kabupaten/kota lainnya yang dilintasi TdS," kata Dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Solok, Jasman, di Arosuka, Kamis.

Dia menyebutkan, rute tersebut adalah rute yang paling panjang, lebih kurang 138 Km yang dimulai dari Kota Sawahlunto menuju Sungai Lasi-Kota Solok-Jalan Tengah menuju Muara Panas-Koto Anau-Bukit Sileh-Simpang Tanjung Nan IV-Alahan Panjang, finis di Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan.

Kabupaten Solok pada TdS tahun ini dilintasi dua etape, yakni etape III dan etape V.

Disamping paling jauh, juga ketinggianya dari permukaan laut, kalau kelok 44 tingginya hanya 465 meter diatas permukaan laut, sedangkan medan yang ada di Kabupaten Solok itu lebih dari 1.000 meter dari permukaan laut.

Meskipun rutenya jauh dan tingkat kemiringannya tinggi, namun keindahan daerah yang terkenal dengan berasnya itu, memberikan nilai bagi peserta.

Selain itu, Jasman menambahkan, TdS ini telah mengalahkan Tour de Langkawi yang usianya sudah lebih dari 20 tahun sementara TdS baru berumur lima tahun.

TdS ini sudah masuk kategori nomor lima besar dunia dan satu-satunya dari Asia.

"Event ini sudah melampaui Tour de Langkawi yang usianya lebih empat kali lipat usia TdS ini," tambah dia. (**/cpw9/jno)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021