PT Supreme Energy salurkan bantuan APD ke Puskesmas

id PT Supreme Energy ,alat pelindung diri,pandemi covid-19

PT Supreme Energy salurkan bantuan APD ke Puskesmas

Penyerahan bantuan APD dari PT Supreme Energy Muaralaboh kepada Puskesmas Pekan Selasa, Senin (ANTARA/HO)

Padang Aro (ANTARA) - PT Supreme Energy Muaralaboh yang bergerak di bidang pembangkit listrik tenaga panas bumi menyalurkan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) ke Puskesmas Pakan Selasa untuk penanganan COVID-19.

Perwakilan dari PT Supreme Energy Muaralaboh M Roza di Padang Aro, Senin, mengatakan bantuan alat kesehatan yang diserahkan berupa 10 Box masker, 30 helai APD dan dua PCS Thermometer Forehead kepada Puskesmas Pekan Selasa.

"Ini merupakan CSR PT.Supreme Energy Muaralaboh tahun 2020 untuk membantu penanganan COVID-19," ujarnya.

Dia berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi petugas kesehatan di Puskesmas Pakan Selasa.

Kepala Puskesmas Pakan Selasa Yuafdal mengatakan pihaknya sebagai pelayanan tingkat pertama dalam menangani pasien memang sangat membutuhkan APD dalam mengangani COVID-19.

Menurutnya sejauh ini Puskesmas luput dari perhatian pemerintah sebab kebanyakan bantuan APD diberikan ke rumah sakit.

"Puskesmas merupakan tujuan pertama bagi masyarakat untuk berobat dan kalau petugas tidak dilindungi maka sangat rentan terpapar COVID-19," ujarnya.

Dia menyebutkan kebanyakan petugas kesehatan yang terpapar COVID-19 adalah tenaga dari Puskesmas sebab saat melayani masyarakat tidak dibekali APD.

Sebagai contoh, katanya ada masyarakat yang pulang dari daerah terpapar COVID-19 dan merasakan demam maka mereka terlebih dahulu memeriksakan diri ke Puskesmas atau bidan praktek.

Kalau orang yang memeriksakan diri ini terpapar COVID-19 maka petugas puskesmas katanya, juga akan terpapar sebab dalam melayani tidak menggunakan APD.

Selain itu katanya, saat merujuk pasien ke RSUD petugas juga sangat rentan terpapar COVID-19 sehingga kebutuhan APD memang sangat dibutuhkan petugas Puskesmas.

"Puskesmas merupakan pelayanan tingkat dasar sehingga perlu diperhatikan kelengkapan pengaman diri saat bertugas," ujarnya.