Seorang warga Surian positif terinfeksi COVID-19, petugas pos perbatasan Solok Selatan dites cepat

id rapid test covid-19,warga surian positif covid-19,pandemi covid-19,solok selatan

Seorang warga Surian positif terinfeksi COVID-19, petugas pos perbatasan Solok Selatan dites cepat

Tim medis Dinkes Sultra saat lakukan rapid test kepada ABK di Pelabuhan Pangkalan Perahu Kendari, Jumat. (Foto ANTARA/Suparman)

Padang Aro (ANTARA) - Petugas yang bekerja di pos perbatasan Solok Selatan dengan Kabupaten Solok, Sumatera Barat tepatnya di Ulu Suliti diperiksa menggunakan rapid test pasca diumumkannya seorang warga Surian positif terinfeksi COVID-19.

"Sebanyak 50 orang petugas yang bekerja di posko perbatasan kami rapid test sebab warga Surin Kabupaten Solok yang diumumkan positif dekat dengan perbatasan Solok Selatan," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Setdakab Solok Selatan Firdaus Firman di Padang Aro, Jumat.

Rapid test ini, katanya, juga akan dilaksanakan ke posko-posko lainnya di Solok Selatan seperti Lok Batu Sandi yang berbatasan dengan Jambi, maupun posko di perbatasan Kerinci, Jambi.

Selain itu, katanya, rapid tes juga sudah dilakukan kepada lima orang kontak erat dengan pasien positif corona di Surian karena berdomisili tidak terlalu jauh dari rumah warga yang dinyatakan positif.

Kemudian arahan dan pemahaman tentang pola penularan Corona juga disampaikan pada petugas di posko, sehingga keamanan dan keselamatan dalam bertugas juga bisa terjaga serta meminimalisir kekawatiran berlebihan petugas tentang kemungkinan terpapar.

Berbagai upaya tersebut, katanya dilakukan sebagai bentuk antisipatif terhadap petugas-petugas di lapangan yang senantiasa berhadapan dengan banyak orang.

Ia mengimbau setiap petugas mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan, seperti menjaga jarak, menggunakan masker, serta aturan lainnya

Giat rapid tes yang dipimpin Kalaksa BPBD Richi Amran, Camat KPGD Syahrul Munir dan pihak terkait lainnya, ditujukan ke posko perbatasan Solok Selatan dengan Solok yang terletak di Ulu Suliti pada Jum'at.

Menurut Kalaksa BPBD Richi Amran, Pos Ulu Suliti sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Surian langsung pagi ini dilakukan berbagai upaya antisipatif.

"Pagi tadi kami langsung menuju posko perbatasan Ulu Suliti untuk melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi pos pemeriksaan serta penyerahan APD bagi tenaga yang bertugas," ujarnya.