63 orang yang kontak erat dengan pasien positif COVID-19 di Tanah Datar akan dilakukan tes cepat

id covid-19 di tanah datar,virus corona di tanah datar,virus corona

63 orang yang kontak erat dengan pasien positif COVID-19 di Tanah Datar akan dilakukan tes cepat

Rapat bersama penanganan COVID-19 di Tanah Datar. (Antara/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat akan melakukan rapid test kepada 63 orang yang mengalami kontak erat dengan pasien positif COVID-19 di daerah itu.

"Rapid test dilakukan Jum'at malam kepada 63 orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif COVID-19 untuk mengetahui kondisi yang bersangkutan apakah positif atau negatif," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Tanah Datar Abrar di Batusangkar, Jum'at.

Ia mengatakan terkait dengan metode pemeriksaan rapid test tersebut akan dilakukan satu persatu dengan mendatangi rumah warga yang pernah berhubungan dengan pasien positif COVID-19.

"Kita mendatangi rumah warga secara door to door dengan membagi beberapa kelompok kerja," katanya.

Ia mengatakan bantuan rapid test tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan sudah dikirim ke Tanah Datar.

"Saat ini alat rapid test tersebut sedang dalam perjalanan menuju Batusangkar dan Insyaallah nanti malam akan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui langkah yang akan diambil," katanya.

Ia mengimbau masyarakatnya setempat tetap bijak dan tenang dalam menghadapi virus COVID-19 di Tanah Datar dan tidak termakan dengan dengan pemberitaan yang tidak jelas.

Sementara juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Roza Mardiah mengatakan jumlah warga ODP di daerah itu Jum'at sebanyak 126 orang, 3 orang PDP, positif masih satu orang, dalam pemeriksaan tiga orang, korban meninggal dunia nihil.