Honor imam masjid di Pesisir Selatan Rp4 juta, tapi...

id honor imam masjid,pesisir selatan,hendrajoni

Honor imam masjid di Pesisir Selatan Rp4 juta, tapi...

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni saat menyerahkan surat keputusan pengangkatan imam mesjid Kecamatan Sutera. (ANTARA / Didi Someldi Putra)

​​​​​​​Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengalokasikan honor Rp4 juta ke masing-masing imam di 15 masjid kecamatan di daerah itu yang bersumber dari ABPD setempat.

"Imam masjid yang diberi honor ialah mereka yang bertugas di mesjid kecamatan," kata Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni di Kecamatan Sutera usai menyerahkan surat keputusan pengangkatan imam mesjid kecamatan setempat, Selasa.

Hanya saja, ungkapnya agar bisa mendapat honor imam yang dimaksud mesti lulus seleksi yang digelar oleh instansi terkait di kabupaten.

"Syarat utama ialah mesti hafal lima juz Al Quran," kata dia.

Ia menjelaskan pemberian honor ke imam masjid merupakan upaya dalam mewujudkan dan mendorong masyarakat menjadi pribadi yang agamais.

Selanjutnya hal tersebut juga sejalan dalam upaya memperkuat ikon daerah setempat sebagai salah satu destinasi wisata religi.

"Rata-rata mesjid kecamatan di daerah ini berada di sepanjang jalan lintas sumatera Padang-Bengkulu, sehingga wisatawan yang akan berangkat atau pulang dari Pesisir Selatan bisa mampir beribadah di sana dengan nyaman," katanya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pesisir Selatan, Yoly Aang Syofria menyebut tiga imam mesjid kecamatan dari 15 mesjid kecamatan dinyatakan lulus seleksi.

"Surat keputusan pengangkatannya diberikan bertahap, khusus imam mesjid Kecamatan Sutera diberikan lansung oleh bupati," sebutnya.

Pengangkatan imam mesjid kecamatan, kata dia bisa ditindaklanjuti oleh 182 pemerintah nagari di daerah setempat dengan mengangkat imam mesjid nagari namun dengan kriteria yang jelas dan terukur.