Jalan Muara Air - Alahan Panjang dilanjutkan tahun ini

id Hendrajoni, Muara Air - Alahan Panjang,Pesisir Selatan

Jalan  Muara Air - Alahan Panjang dilanjutkan tahun ini

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Bayang. (ANTARA / HO)

​​​​​​​Painan  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada tahun ini menerima Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) Rp53 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Dana yang ada salah satunya akan dimanfaatkan untuk melanjutkan pembangunan jalan Muara Air - Alahan Panjang, Solok, selanjutnya jalan Pelabuhan Panasahan dan jalan di Kawasan Mandeh," kata Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni usai membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Bayang, Rabu.

Khusus pembangunan jalan Muaro Aia - Alahan Panjang yang panjangnya mencapai 46 kilometer dengan kucuran dana tersebut ditarget selesai tahun ini.

Menurutnya jalan tersebut sudah lama dinanti masyarakat, karena selain sebagai jalan alternatif juga mampu meningkatkan perekonomian kedua daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pesisir Selatan Era Sukma Munaf menjelaskan dana hibah sebesar Rp53 miliar itu, Rp48 miliar diarahkan untuk pembangunan jalan Muara Aia- Alahan Panjang.

Sementara sisanya Rp5 miliar untuk pemeliharaan jalan di Kawasan Mandeh dan jalan Pelabuhan Penasahan.

"Kegiatan tersebut saat ini masih dalam proses lelang di Dinas Pekerjaan Umum Sumatera Barat," ungkap dia.

Dalam kesempatan itu Hendrajoni juga mengemukakan bahwa sekitar Rp11 miliar dana di kabupaten setempat dialokasikan ke Kecamatan Bayang guna menunjang berbagai pembangunan.

Beberapa sarana yang dibangun di Kecamatan Bayang diantaranya, Irigasi Lubuk Aur, Puskesmas Pasar Baru, Puskesmas Koto Berapak, serta beberapa proyek pembangunan lainnya.