Hendrajoni upayakan jalan Kambang-Muara Labuh terealisasi

id Hendrajoni ,Jalan Kambang-Muara Labuh

Hendrajoni upayakan jalan Kambang-Muara Labuh terealisasi

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni terus mengupayakan pembangunan jalan tembus dari Kambang, daerah setempat ke Muara Labuh, Solok Selatan yang terkendala pembangunannya karena melewati Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) terealisasi.

"Jalan tembus Kambang-Muara Labuh terus saya upayakan, bahkan saya sudah menghadap Presiden Jokowi untuk yang kedua kalinya, bermohon agar pemerintah pusat berpartisipasi mewujudkannya," katanya di Painan, Rabu.

Hasil pertemuan dengan Presiden Jokowi telah ditindaklanjuti dengan mengirim proposal ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

"Sebelum proposal itu kami siapkan, kami terlebih dahulu bertemu dengan Menteri Siti Nurbaya," sebutnya.

Ia menjelaskan pada pertemuannya dengan Menteri Siti Nurbaya, menteri menanyakan perihal apakah sudah ada jalan di sana sebelumnya atau tidak.

"Itu keunggulan jalan tembus Kambang-Muara Labuh, sebelum wacana pembangunan jalan muncul, di sana sejak beratus-ratus tahun yang lalu juga sudah ada jalan," katanya lagi.

Bahkan jelas bupati masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan yang saat ini menetap di Kecamatan Batang Kapas, Sutera, Ranah Pesisir dan Linggo Sari Baganti merupakan keturunan masyarakat Muara Labuh yang berpindah jauh sebelum kabupaten itu terbentuk.

Setelah itu masyarakat kedua daerah masih tetap terhubung dan saling mengunjungi melewati jalan yang ada.

Menurut bupati jalan tembus Kambang-Muara Labuh hanya berjarak 60 kilometer, sementara jika melewati jalan yang sudah ada masyarakat mesti terlebih dahulu ke Kota Padang-Solok dan Solok Selatan dengan menempuh jarak lebih kurang 250 kilometer dengan lama perjalanan lebih kurang enam jam. (*)