Korban abrasi pantai Muara Kandis segera tempati rumah layak

id Hendrajoni

Korban abrasi pantai Muara Kandis segera tempati rumah layak

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Sebanyak 25 kepala keluarga di Nagari Muara Kandis, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang merupakan korban amukan abrasi pantai akan menempati rumah layak bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Saya pastikan seluruh korban abrasi akan menempati rumah layak dalam waktu dekat tanpa terkecuali," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni ketika melakukan kunjungan kerja ke daerah tersebut, Kamis (21/3).

Tak main-main pihaknya berjanji akan mengambil tindakan tegas jika terdapat oknum ASN setempat yang sengaja melakukan tindakan curang dalam penyerahan rumah bantuan tersebut.

"Setelah abrasi pantai merusak 25 unit pemukiman warga di Muara Kandis pada pertengahan 2018 saya langsung mengajukan bantuan ke pusat dan alhamdulillah diakomodir 50 unit," katanya.

Sisa dari 50 unit rumah tersebut, sebanyak 25 unit lagi akan diserahkan kepada nelayan setempat yang berekonomi lemah.

"Bantuan rumah baik bagi korban abrasi atau nelayan berekonomi lemah akan terus saya pantau, jika ditemukan adanya "permainan" akan saya tindak tegas," ujarnya.

Bahkan jika dirinya mengetahui "permainan" itu setelah sebulan atau lebih setelah rumah bantuan diserahterimakan ia mengemukakan tidak akan sungkan untuk mengusir sang pemilik.

"Akan saya usir, karena yang namanya bantuan harus tepat sasaran bukan untuk disalahgunakan," sebutnya.

Ia mengatakan ketepatan dalam penyaluran bantuan merupakan komitmen yang mesti dijalankan atas dana yang telah disalurkan pemerintah pusat.

"Ketepatan dalam penyaluran bantuan juga sebagai bentuk terimakasih kepada pemerintah pusat dan sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat dalam menjalankan roda pemerintahan," ungkapnya. (*)