Padang tingkatkan kemampuan pelaku industri kecil menengah

id berita padang, berita sumbar, ikm, industri kecil menengah

Padang tingkatkan kemampuan pelaku industri kecil menengah

Pelatihan peningkatan kapasitas bagi pelaku industri kecil dan menengah di Padang, Senin (27/1) (Antara /Humas)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang meningkatkan kemampuan pelaku usaha industri kecil dan menengah dengan memberikan sejumlah pelatihan keterampilan teknis untuk meningkatkan daya saing.

"Pada 2020 ada lima pelatihan yang diberikan kepada pelaku industri kecil dan menengah terdiri atas 12 angkatan," kata Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Padang Hermen Peri di Padang, Senin.

Ia menyampaikan hal itu pada pembukaan pelatihan bagi pelaku industri kecil dan menengah di Padang yang digelar di Palanta Wali Kota Padang.

Menurut dia keberadaan industri kecil dan menengah merupakan kekuatan strategis dalam percepatan pembangunan daerah yang saat ini pelakunya didominasi oleh para perempuan .

"Di Padang sumber daya penggerak produksi dan pasar produk yang dihasilkan cukup tersedia sehingga dengan sedikit inovasi keberadaan industri kecil dan menengah lebih mudah berkembang, kata dia.

Ia menyampaikan Pemko Padang juga memfasilitasi pengembangan dan pemanfaatan kreativitas dan inovasi industri kecil menengah melalui konsultasi, bimbingan, advokasi dan fasilitasi perlindungan hak kekayaan intelektual.

Pada sisi lain ia menilai tantangan yang harus dijawab terutama oleh pelaku IKM adalah memajukan IKM yang ditopang oleh inovasi.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang Yunisman menyebutkan pada tahun ini ada lima jenis pelatihan yang diberikan kepada pelaku industri kecil dan menengah.

Pelatihan tersebut yaitu rajut pada 28 Januari 2020 sampai 1 Februari 2020 , pelatihan menjahit pada 28 Januari 2020 sampai 6 Februari 2020 diikuti tujuh angkatan.

Kemudian pelatihan bordir, pelatihan pengolahan makanan berbasis bahan baku lokal dan pelatihan ecoprint.

Ia berharap dengan pelatihan tersebut bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan industri kecil dan menengah sehingga memiliki daya saing yang lebih baik.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar