Wisatawan asal Cina lewati pendeteksi suhu tubuh di Bandara Minangkabau

id wisatawan asal kunming cina, berita padang, berita sumbar, virus corona

Wisatawan asal Cina lewati pendeteksi suhu tubuh di Bandara Minangkabau

Wisatawan asal Kunming Cina tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada Minggu (26/1) (Antara/Iggoy El Fitra)

Padang Pariaman, (ANTARA) - Sebanyak 150 wisatawan asal Cina yang hendak berwisata di Sumatera Barat (Sumbar) melewati pendeteksi suhu tubuh dan menjalani sejumlah pemeriksaan kesehatan sesampainya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Minggu.

"Pemeriksaan dilakukan terhadap para turis dengan menggunakan dua alat thermo scanner. Dari pemeriksaan diketahui rata-rata suhu tubuh turis dalam kondisi normal," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Padang Jalil Alfani di Padang Pariaman, Minggu

Ia mengatakan tidak ada yang ditemukan terindikasi virus dan rata-rata suhu tubuh di bawah 38 derajat celcius, sehingga dinyatakan normal.

"Kami telah mengantisipasi berbagai hal, termasuk menambah alat pengukur suhu tubuh tadi," katanya.

Sebelumnya, ratusan turis asal Kunming, China mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Minggu (26/1/2020) sekitar pukul 06.45 WIB.

Para wisatawan sebanyak 150 orang itu akan melancong selama lima hari di Ranah Minangkabau untuk menikmati sejumlah lokasi pariwisata.

Baca juga: Berwisata selama lima hari, 150 turis asal Kunming Cina tiba di Bandara Minangkabau

Namun karena kedatangan para turis bertepatan dengan maraknya isu virus corona yang mewabah di Cina, mereka melalui sejumlah proses agar tak membawa virus masuk ke daerah setempat.

Para turis melawati pemeriksaan yang ketat, salah satunya dengan pemeriksaan suhu tubuh mereka dengan mengunakan alat thermo scanner yang diadakan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kota Padang.

Alat itu dipasang di pintu kedatangan internasional BIM.

Usai menjalani pemeriksaan, para turis disambut dengan gandang tasa serta tari Pasambahan di luar pintu kedatangan internasional bandara.

Kedatangan mereka juga disambut langsung Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno beserta jajaran.

Para wisatawan tersebut dibawa oleh PT Marawa Corporation yang menggandeng biro perjalanan PT Coco's Tour Indonesia.

Salah satu perwakilan perusahaan biro perjalanan Erwin, mengatakan Kedatangan turis dari Kunming, China tersebut mengalami keterlambatan dari jadwal yang telah ditentukan yaitu pukul 05.45 WIB.

Ia mengatakan para turis rencananya akan berada di Sumbar selama lima hari, dan pada hari pertama direncanakan berkunjung ke kota Pariaman.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar