Pisah sambut Kalapas Solok, Reinier: banyak perubahan

id Lapas Solok,Wakil Wali Kota Solok,Reinier,kemenkumham sumbar

Pisah sambut Kalapas Solok, Reinier: banyak perubahan

Wawako Solok, Reinier saat menyalami Kalapas baru dan lama saat sertijab di Solok, Rabu. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Solok)

Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota Solok, Reinier, mengapresiasi kinerja Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Solok yang lama Karto Rahardjo yang kini digantikan Andi Mulyadi, Rabu (22/1).

"Di bawah komando Kalapas yang lama, lapas kelas II B Solok telah menjelma menjadi Lapas yang bersih, rapi dan nyaman. Ke depan saya yakin akan lebih bagus lagi," kata Reinier di Solok, Rabu.

Ia mengharapkan, pihak pemerintah dan lapas agar bersama mencarikan solusi mengenai apa yang akan dilakukan setelah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) keluar dari Lapas.

"Pertanian akan kami coba lakukan kepada warga binaan yang telah keluar, dengan bantuan dari BUMN di Kota Solok. Karena pertanian salah satu bidang yang dapat meningkatkan perekonomian, apalagi masih banyaknya lahan kosong yang bisa digarap," ujarnya.

Ia menyadari, mayoritas warga binaan merupakan warga dari Kota dan Kabupaten Solok.

"Solusi setelah keluar dari Lapas bagi WBP harus segera kita carikan. Jika tidak ada solusi, permasalahan ini tidak akan pernah terselesaikan," ujarnya.

Sebelumnya, Kalapas II B Solok yang lama, Karto Rahardjo menyampaikan, jumlah warga binaan yang ada di Lapas tersebut berjumlah 412 orang. Dengan tahanan sebanyak 89 orang, dan narapidana sebanyak 323 orang, dengan wanita berjumlah delapan orang.

Selama bertugas lebih kurang dua tahun tiga bulan, tentu telah banyak suka duka yang dialami.

Ia juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Wali Kota Solok, Wawako Solok, Bupati Solok, Wabup Solok, dan Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat yang sudah banyak membimbing dan mengarahkan selama bertugas.

Sementara itu, Kalapas Kelas II B Solok yang baru, Andi Mulyadi menyampaikan rasa terimakasih atas sambutannya pada hari ini.

"Untuk ke depan, apa yang telah dirintis pak Karto akan saya lanjutkan," sebutnya.

Andi juga memohon bantuan dari seluruh elemen di lapas untuk menjalankan tugas selama berada di Lapas Kelas II B Solok.

"Kami akan selalu bersinergi dan berupaya agar lapas kelas II B Solok akan semakin maju kedepannya," ujarnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat, Suharman mengucapkan selamat kepada Kalapas lama yang telah promosi menjadi Bapas Padang.

Sedangkan Kalapas baru yang juga promosi jabatan dari daerah di Provinsi NTT menjadi Kalapas Kelas II B Solok. Ia berharap Kalapas baru dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah.

"Kepada Kalapas yang baru, agar cepat beradaptasi dan bisa segera memajukan Lapas Kelas II B Solok," ujarnya.