Akhir Januari, ratusan turis asal China akan serbu Tanah Datar

id Pariwisata Tanah Datar,Pacu Jawi,Kunjungan Wisata,Istano Basa Pagaruyung

Akhir Januari, ratusan turis asal China akan serbu Tanah Datar

Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata Tanah Datar, Efrison. (Antara/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Sebanyak 160 turis mancanegara asal China direncanakan akan mengunjungi Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada Senin, 27 Januari dengan mendatangi beberapa objek wisata.

"Yaitu meninjau lokasi pacu jawi di Nagari Pariangan Sungai Jambu, dan Istano Basa Pagaruyung," kata Kepala Bidang Pariwisata Tanah Datar Efrison di Batusangkar Selasa.

Kedatangan turis asal China tersebut rencananya diterbangkan langsung dari Cina ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Ia berharap pihak terkait baik pelaku pariwisata maupun masyarakat setempat memberikan pelayanan terbaik sehingga memunculkan kesan yang bagus dan menarik di mata wisatawan.

Ia mengatakan untuk menyambut kunjungan wisatawan tersebut, Pemkab Tanah Datar sedikit mengubah jadwal pacu jawi yang biasanya diadakan setiap Sabtu.

"Kalau agenda pacu jawi biasanya kita mengadakannya setiap Sabtu. Namun karena wisatawan itu datang pada Minggu 26 Januari, maka kita akan mengadakannya Senin (27/1), khusus hari itu," katanya.

Ia menilai kedatangan wisatawan tersebut juga merupakan momen ataupun kesempatan bagi Tanah Datar untuk memperkenalkan pariwisata dan budaya lokal yang dimiliki didaerah setempat.

"Kepada pelaku usaha pariwisata dan pelaku kuliner manfaatkan hal ini dengan baik, optimalkan persiapan agar wisatawan benar menikmati," ujarnya