Bupati letakkan batu pertama pembangunan Masjid Terapung Carocok Painan

id Masjid Terapung Carocok Painan,Hendrajoni

Bupati letakkan batu pertama pembangunan Masjid Terapung Carocok Painan

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni bersama sejumlah pejabat berfoto usai peletakan batu pertama pembangunan mesjid terapung di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan, (ANTARA/ist)

Painan, (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan masjid terapung di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan, Senin.

"Pembangunan masjid ini merupakan salah satu upaya mencapai visi daerah yang bertekad mewujudkan masyarakat yang agamais," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni usai kegiatan di Painan.

Selain itu, tambahnya, pembangunan masjid juga bertujuan untuk menunjang terwujudnya pariwisata halal di daerah setempat, terutama di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan.

"Yang tidak kalah penting pembangunan mesjid terapung juga sebagai bentuk konsistensi pemerintah kabupaten dalam mewujudkan pariwisata halal," ungkapnya.

Dengan selesai pembangunan masjid terapung, ia berharap akan menjadi ikon pariwisata yang akan menjadi magnet bagi ribuan wisatawan ke daerah setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pesisir Selatan, Era Sukma Munaf, menyebutkan, pembangunan mesjid dilaksanakan dengan sistem tahun jamak 2019-2020.

"Pembangunan masjid menghabiskan dana di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 27,5 miliar, dan diperkirakan tuntas pada November 2021," kata dia.

Ia menyebut, lokasi pembangunan mesjid terapung berada di pinggir Pantai Carocok Painan, persisnya di arah timur Pulau Batu Kereta.

Luas lahan pembangunan mesjid 1795 M2 dengan fasilitas yang dibangun antara lain, bangunan inti yakni tempat salat dengan kapasitas 300 orang, selasar, dua menara setinggi 32 meter dan taman. (*)